Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/04/2023, 22:08 WIB
Dian Erika Nugraheny,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengaku ingin melakukan diet setelah resmi ditunjuk memimpin Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Dito Ariotedjo juga ingin lebih disiplin melakukan olahraga. Hal tersebut lantaran dirinya berkeinginan mengurangi bobot tubuhnya saat ini.

"Ada satu sih yang perlu dikurangin kalau dari saya, itu berat badan saya pasti," kata Dito sambil berkelakar saat menyampaikan keterangan pers usai dilantik di Istana Negara, Jakarta, Senin (3/4/2023).

"Jadi, kita hari ini diet makin keras, latihan makin keras. Mungkin teman-teman nanti mau ikut latihan sama saya di Kemenpora," ujarnya lagi.

Baca juga: Dito Ariotedjo Sepakat Olahraga Harus Dipisahkan dengan Politik

Dalam kesempatan itu, Dito Dito Ariotedjo juga mengatakan bahwa ia mendapat tiga arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Yang pasti melanjutkan apa yang sudah dilakukan Menpora sebelumnya Pak Zainudin Amali, program seperti event besar olahraga dan juga sentra pelayanan kepemudaan nasional," kata Dito.

"Ada tiga poin dari Presiden. Pertama, Pak Presiden ingin di agenda event Sea Games dan Asian Games kita memprioritaskan cabang olahraga (cabor) yang memiliki potensi mendali. Jadi harus efisien tetapi kita mendapatkan hasil mendali yang baik," ujarnya lagi.

Pesan kedua, Presiden Jokowi ingin liga-liga pertandingan olahraga masif dilaksanakan.

Baik di level tingkat pendidikan sekolah, kuliah, dan juga untuk masyarakat diminta untuk menggalakan liga antar kampung (tarkam).

"Ketiga, Presiden sangat peduli dan ingin ekosistem sport industry Indonesia ini semakin maju dan semakin established. Pak Presiden ingin pengembangan pemuda itu lebih ke arah kewirausahaan dan juga profesionalitas, dan dengan capaian indeks pemudanya naik," kata kader Partai Golkar itu.

Baca juga: Jokowi Berikan 3 Pesan untuk Dito Ariotedjo Usai Dilantik Jadi Menpora

Sebelumnya, Presiden Jokowi resmi melantik Dito Ariotedjo sebagai Menpora pada Senin sore.

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 26/P Tahun 2023 Tentang Pengangkatan Menpora Kabinet Indonesia Maju 2019- 2024.

Dito Ariotedjo selama ini dikenal sebagai kader Partai Golkar. Dia juga pernah menjadi salah satu staf ahli Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Selain itu, Dito pernah menjadi Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 2016-2021.

Baca juga: Menko PMK Nilai Dito Ariotedjo Punya Cukup Modal untuk Jadi Menpora

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com