Kompas.com - 04/05/2022, 12:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau pemudik angkutan laut Bakauheni-Merak untuk membeli tiket penyeberangan jauh hari secara daring atau online pada arus balik nanti.

Menurut dia, hal tersebut untuk menghindari terjadinya penumpukan di area pelabuhan seperti yang terjadi pada arus mudik.

"Mohon kepada masyarakat untuk mengikuti imbauan-imbauan yang sudah disampaikan agar perjalanan balik lebih nyaman,” kata Budi dalam keterangannya, Selasa (3/5/2022).

Budi menuturkan, tak hanya itu, Kemenhub juga memastikan adanya dermaga tambahan pada arus balik nanti.

Baca juga: Jika Rest Area Penuh Menhub Imbau Pemudik Keluar Tol untuk Istirahat

Dermaga tambahan itu, kata dia, masih terus dioperasikan seperti yang dilakukan ketika arus mudik.

"Dari arah Sumatera, Pelabuhan Panjang di Lampung akan dimaanfaatkan untuk kendaraan besar seperti truk pengangkut barang, sehingga di Pelabuhan Bakauheni bisa memuat lebih banyak kendaraan lainnya seperti mobil, bus dan sepeda motor," jelasnya.

Begitu pun di Merak, Pelabuhan Ciwandaran dan Indah Kiat juga terus dioperasikan untuk memecah kepadatan arus balik menuju Pelabuhan Penyeberangan Merak.

Adapun langkah-langkah ini dilakukan karena Kemenhub telah mengungkapkan dua titik utama yang diwaspadai akan terjadi kepadatan pada arus balik.

Dua titik tersebut yaitu tol Semarang-Jakarta dan penyeberangan Bakauheni-Merak.

Baca juga: Kawasan Pantai Anyer Banten Diserbu Pengunjung, Pemilik Persewaan Ban untuk Berenang: Alhamdulillah Bawa Uang Rp 200.000

Sementara itu, untuk jalur darat, Budi mengaku, pihaknya telah mendirikan sejumlah rest area di jalur arteri.

Menhub menjelaskan, sejumlah rest area di jalan arteri telah disiapkan baik oleh pemda, kepolisian, maupun unsur terkait lainnya. Rest area tersebut dapat digunakan oleh para pemudik.

“Mulai dari kantor kecamatan, kelurahan, kantor polisi, dan tempat-tempat lainnya sudah disiapkan sebagai tempat istirahat sementara,” jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.