Kompas.com - 22/02/2022, 12:06 WIB

KOMPAS.com – Tim Kunjungan Kerja Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) yang dipimpin Muhamad Arwani Thomafi mengunjungi proyek pembangunan Bandara Kediri. Kunjungi ini adalah bagian dari upaya DPR meninjau fasilitas pendukung infrastruktur dan transportasi, Senin (21/2/2022).

Dari keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (22/2/2022), Komisi V DPR RI juga ingin memastikan pelaksanaan proyek pembangunan bandara tersebut sudah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Hal itu bertujuan untuk memberikan daya dorong pertumbuhan ekonomi, membuka banyak lapangan kerja, membuka kesempatan bertumbuhnya usaha mikro kecil menengah (UMKM) di daerah, dan menumbuhkan sentra-sentra ‎ekonomi baru.

Dengan begitu, pembangunan bandara tersebut mampu memberikan nilai tambah b‎agi daerah, khususnya masyarakat di Kota Kediri dan Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Untuk diketahui, lapangan terbang di Kediri bernama Bandara Internasional Dhoho merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN).

Baca juga: Ditargetkan Rampung Akhir Tahun Depan, Bandara Kediri Akan Beroperasi Pertengahan 2023

Bandara ini menjadi PSN pertama yang dibangun dengan skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Dalam hal ini, PT Surya Dhoho Investama, anak perusahaan PT Gudang Garam Tbk, merupakan investor.

PT Gudang Garam menargetkan pembangunan bandara tersebut selesai pada akhir 2022 dan siap beroperasi pada pertengahan 2023.

Pembangunan bandara baru Kediri diharapkan menjadi pintu gerbang perekonomian, penunjang kegiatan pariwisata dan perdagangan, serta simpul dalam jaringan transportasi di Jatim.

Dampak besar pembangunan Bandara Kediri

Melansir Kompas.com, Rabu (1/12/2021), Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomerves) Luhut Binsar Pandjaitan berharap, pembangunan bandara ini akan berdampak besar di selatan Jatim, mulai dari Trenggalek, Pacitan, sampai Banyuwangi.

Dia juga berharap, sebagai bagian dari PSN, pengerjaan proyek Bandara Internasional Dhoho harus dapat menjadi perhatian para pemangku kepentingan agar konstruksinya bisa diselesaikan sesuai target, yaitu pada 2023. 

Baca juga: Bandara Kediri Ditargetkan Beroperasi Pertengahan 2023, Ini Spesifikasinya

Halaman:
Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.