Kompas.com - 10/12/2021, 18:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat ada 2.796 peristiwa bencana terjadi di Indonesia dalam setahun terakhir.

Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, sebanyak 35 persen bencana yang terjadi yakni banjir, kemudian disusul tanah longsor.

"Lebih dari 80 persen kejadian bencana yang terjadi di Indonesia dalam kurun Januari sampai Desember itu didominasi oleh bencana hidrometeorologi khususnya hidrometeorologi basah," kata Abdul, dalam konferensi pers melalui kanal YouTube BNPB, Jumat (10/12/2021).

Baca juga: UPDATE BNPB: Pengungsi akibat Erupsi Semeru Tercatat 3.697 Jiwa

Abdul mengatakan, korban jiwa akibat bencana dalam satu tahun terakhir mencapai 642 jiwa, 8.121.980 orang terdampak dan 137.788 unit bangunan rusak.

Selain itu, provinsi yang kerap mengalami kejadian bencana antara lain Aceh, Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Sulawesi Selatan.

"Itu merupakan kawasan atau provinsi dengan jumlah frekuensi kejadian bencana paling tinggi di Indonesia," ujarnya.

Baca juga: UPDATE Erupsi Semeru: 45 Orang Meninggal Dunia, 9 Orang Hilang

Lebih lanjut, Abdul mengatakan, data BNPB dari 1-10 Desember 2021, tercatat 71 kali kejadian bencana di Indonesia, yang terdiri dari 55 kali bencana banjir dan 16 kali tanah longsor.

Ia mengatakan, dari 71 kali bencana dalam sepuluh hari terakhir, tercatat 7 orang meninggal dunia.

"Di mana satu korban meninggal akibat longsor dan 6 korban akibat banjir, kemudian korban banjir ada 8 korban hilang dan 9 luka, jumlah masyarakat terdampak dalam 10 hari ini total 372.397 jiwa," ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.