Anak Usia di Bawah 12 Tahun Belum Boleh Masuk Bioskop, Ini Alasannya

Kompas.com - 07/10/2021, 08:10 WIB
Karyawan membersihkan kursi penonton saat hari pertama pembukaan kembali Cinepolis Cinemas di Plaza Renon, Denpasar, Bali, Jumat (17/9/2021). Bioskop di wilayah Bali kembali beroperasi dengan menerapkan berbagai protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19, membatasi kapasitas di dalam studio, tidak menjual makanan dan minuman, serta mewajibkan pengunjung menggunakan aplikasi PeduliLindungi. ANTARA FOTO/FIKRI YUSUFKaryawan membersihkan kursi penonton saat hari pertama pembukaan kembali Cinepolis Cinemas di Plaza Renon, Denpasar, Bali, Jumat (17/9/2021). Bioskop di wilayah Bali kembali beroperasi dengan menerapkan berbagai protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19, membatasi kapasitas di dalam studio, tidak menjual makanan dan minuman, serta mewajibkan pengunjung menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah belum mengizinkan anak berusia di bawah 12 tahun masuk bioskop selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1-4.

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sonny Harry B Harmadi mengatakan, kebijakan ini diambil demi kehati-hatian, lantaran anak-anak memiliki risiko yang sama dengan orang dewasa terkait penularan virus.

"Bahwa risiko anak untuk tertular Covid dengan orang dewasa sama saja, bahkan 1 dari 8 anak di Indonesia itu tertular Covid-19. Oleh karenanya perlu kehati-hatian," kata Sonny, dalam sebuah diskusi yang ditayangkan YouTube FMB9ID_IKP, Rabu (6/10/2021).

Baca juga: PPKM di Jawa-Bali: Restoran dan Kafe di Area Bioskop Boleh Dine In dengan Kapasitas 50 Persen

Berbeda dengan orang dewasa, kata Sonny, anak usia 12 tahun belum mendapatkan vaksinasi Covid-19 karena belum ada vaksin yang tersedia.

Dengan pertimbangan itu, pemerintah belum membolehkan anak usia di bawah 12 tahun masuk ke bioskop dan hanya mengizinkan individu usia 12 tahun atau lebih.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jadi kita semua mohon bersabar dulu," ujar Sonny.

Kendati demikian, pemerintah sudah mengizinkan anak usia di bawah 12 tahun memasuki mal atau pusat perbelanjaan.

Sebelumnya, dalam beberapa periode PPKM lalu pengunjung mal dibatasi usia 12 tahun ke atas.

Namun, Sonny menegaskan, anak usia di bawah 12 tahun yang memasuki mal harus berada di bawah pengawasan orangtua.

Baca juga: 2 Minggu Beroperasi, Bioskop Belum Boleh Dikunjungi Anak di Bawah 12 Tahun

Sebelum memasuki mal, orangtua harus dipastikan tidak dalam kondisi sakit, tidak memiliki komorbid, dan berstatus hijau di aplikasi PeduliLindungi yang berarti sudah divaksin dua dosis dan dinyatakan aman.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.