Menkes: Mulai Juli, Vaksinasi Covid-19 untuk Usia 18 Tahun ke Atas Diperbanyak

Kompas.com - 23/06/2021, 07:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat usia 18 tahun ke atas akan digelar lebih banyak di luar wilayah DKI Jakarta, mulai Juli 2021.

"Kita akan mulai buka semuanya bulan Juli, jadi semua (vaksinasi masyarakat umum) akan kita buka," kata Budi dalam sesi wawancara virtual, Selasa (22/6/2021).

Namun, Budi berharap kelompok muda bisa mengikutsertakan orangtua atau lansia ke lokasi pelayanan vaksinasi.  Sebab, pemerintah masih kesulitan untuk menjangkau kelompok lansia untuk divaksinasi.

Baca juga: Kemenkes: Sudah Ada 91 Juta Dosis Vaksin Covid-19 di Indonesia

"Orangtua atau lansia banyak terpengaruh takut divaksin itu, banyak lo, susah mengajak mereka, alasan mereka informasi dari grup WhatsApp vaksin bahaya, lalu ada soal kehalalan," ujarnya.

Oleh karenanya, Budi menekankan, informasi mengenai manfaat vaksin Covid-19 harus diperbanyak karena masyarakat lebih banyak membaca informasi dari media sosial ketimbang media massa.

"Jadi saya melihat orang sudah bergeser cara melihat informasi mengambil dari grup WhatsApp mengikuti itu dan merasa benar, maka kita akan masuk ke sana dengan gaya mereka," tuturnya.

Menurut Budi, DKI Jakarta lebih dahulu melaksanakan vaksinasi usia 18 Tahun karena jumlah vaksinasi terhadap kelompok lansia sudah cukup tinggi.

"Contoh DKI kenapa dibuka vaksinasi 18 tahun? Karena lansianya sudah 70 persen maka kita buka untuk menyemangati daerah lain," ucapnya.

Baca juga: Penambahan Kasus Covid-19 Tertinggi, Masyarakat Diminta Batasi Kegiatan

Ia menambahkan, salah satu pertimbangan pemerintah membuka vaksinasi bagi usia 18 tahun ke atas karena jumlah stok vaksin yang akan diterima semakin banyak.

"Sudah datang banyak (dosis vaksin), datang banyak makanya kita harus cepat ngabisin," pungkasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan (Sekjen Kemenkes) Oscar Primadi mengatakan, Indonesia telah memiliki 91 juta dosis vaksin.

Pada Minggu (20/6/2021), 10 juta dosis vaksin Covid-19 merek Sinovac dari China tiba di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.