Pemerintah Diminta Intens Koordinasi dengan Arab Saudi soal Kuota Ibadah Haji

Kompas.com - 10/05/2021, 15:57 WIB
Umat Muslim mengitari Ka'bah saat melakukan tawaf ibadah haji dengan penerapan protokol kesehatan di Masjidil Haram, Kota Mekah, Arab Saudi, Minggu (2/8/2020). Pelaksanaan haji yang istimewa tahun ini di tengah pandemi Covid-19 hanya diikuti sekitar 1.000 jemaah, dengan protokol kesehatan yang ketat. AFP/HO/SAUDI MINISTRY OF MEDIAUmat Muslim mengitari Ka'bah saat melakukan tawaf ibadah haji dengan penerapan protokol kesehatan di Masjidil Haram, Kota Mekah, Arab Saudi, Minggu (2/8/2020). Pelaksanaan haji yang istimewa tahun ini di tengah pandemi Covid-19 hanya diikuti sekitar 1.000 jemaah, dengan protokol kesehatan yang ketat.

JAKARTA, KOMPAS.com – Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily berharap jemaah asal Indonesia mendapatkan kuota Ibadah Haji 2021.

Menurut Ace, sebagai negara dengan jumlah Muslim terbesar, Indonesia selayaknya mendapatkan kuota ibadah haji yang besar.

“Kita harapkan disertai dengan pengumuman berapa kuota yang diberikan kepada masing-masing negara, termasuk Indonesia,” kata Ace dalam keterangannya, Senin (10/5/2021).

Baca juga: BREAKING NEWS: Arab Saudi Gelar Ibadah Haji 2021

Politisi Partai Golkar itu mendorong pemerintah berkoordinasi dengan Pemerintah Arab Saudi terkait jumlah kuota haji.

Ia juga meminta pemerintah melakukan langkah proaktif untuk mempersiapkan keberangkatan calon Jemaah haji.

Ace menambahkan, Komisi VIII dan Kementerian Agama (Kemenag) telah membahas perihal biaya ibadah haji pada masa pandemi Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pembahasan terkait biaya ibadah Haji sudah disiapkan dengan kerangka berapa pun jumlah kuota yang bakal diberikan Arab Saudi.

“Kami Komisi VIII DPR RI telah membahas bersama Kementerian Agama soal biaya penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, berapa pun kuota yang diberikan kepada Indonesia,” ucapnya.

Baca juga: MUI Ingatkan Pemerintah Pertimbangkan Aspek Keselamatan dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji 2021

Sebelumnya, Pemerintah Arab Saudi mengumumkan akan menggelar Ibadah Haji 2021.

Hal tersebut disampaikan oleh Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi sebagaimana dilansir Gulf Today, Minggu (9/5/2021).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.