Kompas.com - 17/11/2020, 09:52 WIB
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Agama (Kemenag) meminta penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU) untuk melakukan persiapan secara lebih komprehensif terkait penyelenggaraan umrah di masa pandemi Covid-19.

Hal itu diungkapkan oleh Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Oman Fathurahman sebagaimana dikutip dari laman resmi Kemenag, Selasa (17/11/2020).

"PPIU yang akan memberangkatkan jemaah umrah pada masa pandemi Covid-19, harus mempersiapkan jemaahnya. Kuncinya edukasi," kata Oman.

Baca juga: Travel Agent Masih Enggan Promosikan Umrah di Masa Pandemi, Pilih Evaluasi Dahulu

Menurut Oman, edukasi dan sosialisasi harus dilakukan agar sebelum berangkat umrah. Dengan demikian, jemaah benar-benar memahami dan memaklumi situasi dan kondisi di Arab Saudi.

Ia melanjutkan, ketaatan, kepatuhan, dan kedisiplinan jemaah dan penyelenggara untuk mematuhi dan mengikuti protokol kesehatan juga sangat diperlukan agar jemaah tetap sehat dan aman dalam menjalankan ibadah umrah.

"Jadi PPIU harus berikan edukasi secara intensif dan terperinci terkait prosedur pelaksanaan ibadah umrah saat pandemi," ujarnya.

"Protokol kesehatan harus benar-benar dijalankan secara disiplin dan ketat untuk memastikan jemaah tetap sehat dan tidak terpapar Covid-19," ucap Oman.

Baca juga: Amphuri Sebut Visa Umrah untuk Indonesia Kembali Dibuka Mulai 22 November

Sebelumnya, Kepala Bidang Umrah Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) Zaky Anshary mengatakan, visa umrah untuk jemaah asal Indonesia sudah dibuka kembali per hari ini, Senin (16/11/2020).

Sebelumnya, ada informasi mengenai penghentian sementara visa umrah untuk jemaah Indonesia oleh Arab Saudi.

"Hari ini saya dapat informasi dari Muassasah kalau visa umrah sudah bisa lagi. Semoga hari-hari ke depan visa dengan keberangkatan 22 November bisa keluar lagi," kata Zaky saat dihubungi Kompas.com, Senin (12/11/2020).

Baca juga: Jemaah Umrah Diminta Ikuti Aturan Karantina di Saudi, Jangan Jalan-jalan

Zaky juga membenarkan bahwa visa umrah sempat dihentikan tiga hari yang lalu oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

Namun, visa umrah sudah kembali dibuka mulai hari Senin (16/11/2020).

Menurut informasi yang ia dapat, penghentian sementara visa umrah dikarenakan adanya pembaruan sistem visa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.