Kompas.com - 09/06/2020, 13:17 WIB
Ilustrasi ganja. ThinkstockphotosIlustrasi ganja.
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Petugas jaga Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Banceuy, Bandung, Jawa Barat menggagalkan usaha penyelundupan ganja seberat 15,06 gram di lapas tersebut, Selasa (9/6/2020).

Kepala Lapas Kelas IIA Banceuy Tri Saptono Sambudji mengatakan, ganja tersebut tersimpan dalam sebuah bungkusan yang diduga dilempar dari luar tembok lapas.

"Kemungkinan barang tersebut dilempar dari luar tembok lapas. Setelah kami periksa ternyata bungkusan tersebut berisi ganja dan paper cigarette," kata Tri dalam siaran pers, Selasa.

Tri menuturkan, penemuan tersebut berawal ketika petugas jaga pos menara melakukan kontrol keliling pada Selasa pagi sekira pukul 06.00 WIB.

Baca juga: 10 Bandar Narkoba Diringkus, 4 di Antaranya Dikendalikan dari Lapas

Saat berkeliling, petugas tersebut menemukan benda mencurigakan yang terbungkus karton warna putih di aliran pembuangan air.

Temuan tersebut pun langsung dilaporkan ke komandan jaga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Seketika kami langsung berkoordinasi dengan Badan Narkotika Kota Bandung untuk proses lebih lanjut," ujar Tri.

Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, Reynhard Silitonga mengatakan, penemuan tersebut merupakan bentuk upaya Ditjen Pemasyarakatan dalam memberantas peredaran narkoba di dalam lapas.

"Kami juga terus berkoordinasi dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat untuk tindak lanjut penemuan ini dan terus meningkatkan keamanan," kata Reynhard.

Baca juga: 41 Bandar Besar Narkoba dari Jakarta dan Banten Dipindahkan ke Lapas Nusakambangan

Tri menambahkan, pihaknya akan meningkatkan keamanan di dalam lapas dengan meninggikan pagar dan memperketat pemeriksaan barang bawaan pengunjung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.