Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/02/2020, 16:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meminta koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah untuk memanfaatkan kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) di Kalimantan sebagai wilayah yang akan menjadi ibu kota baru.

Hal tersebut disampaikan Tito saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Regional Kalimantan Tahun 2020 di Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (19/02/2020).

“Saya melihat bahwa Kalimantan ini memiliki SDA yang sangat luar biasa, ini harus di-manage dengan baik. Koordinasi antara pusat dan daerah, sehingga ini betul-betul dapat bermanfaat bagi masyarakat," ujar Tito dikutip dari siaran pers Kemendagri, Rabu (19/2/2020).

Baca juga: Penuhi Kebutuhan Air di Ibu Kota Baru, Dibangun Bendungan di Sepaku, Kaltim

Pemanfaatan itu, kata Tito, akan berguna bagi pengembangan sumber daya manusia (SDM), pembangunan infrastruktur, serta pengembangan di bidang kesehatan, dan pendidikan.

Sebab, kata dia, SDA yang luar biasa akan menjadi percuma apabila SDM-nya rendah.

Dengan demikian, kata Tito, musrenbang yang saat ini dilakukan, merupakan momentum untuk menyinergikan program pembangunan antara pemerintah pusat dan daerah.

Utamanya untuk dapat memanfaatkan SDA-SDA yang ada di Kalimantan ini.

Baca juga: Luhut Bicara Ibu Kota Baru RI di Hadapan Investor AS

“Apalagi dengan adanya sistem desentralisasi otonomi daerah, maka dari pusat mengarahkan aspirasi dan punya program-program skala lebih besar, yang digambarkan oleh Presiden dengan lima visi, ini harus dikoordinasikan,” kata dia.

Menurut Tito, pemindahan Ibu Kota nantinya juga akan semakin membuka konektivitas di Pulau Kalimantan. Hal tersebut juga akan memberikan manfaat lebih untuk masyarakat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.