Jokowi Resmikan Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta

Kompas.com - 23/01/2020, 19:22 WIB
Presiden Joko Widodo meresmikan runway atau landasan pacu ketiga di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (23/1/2020) petang. KOMPAS.com/IhsanuddinPresiden Joko Widodo meresmikan runway atau landasan pacu ketiga di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (23/1/2020) petang.
Penulis Ihsanuddin
|
Editor Bayu Galih

TANGERANG, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meresmikan runway atau landasan pacu ketiga di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (23/1/2020) petang.

Jokowi juga sekaligus meresmikan fasilitas lainnya seperti terminal hingga gedung VIP bandara tersebut.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, dengan memohon ridhä dan rahmat Allah SWT. Pada sore hari ini saya resmikan runway 3, east cross connection taxi way, terminal, dan gedung VIP Bandara Internasional Soekarno-Hatta," kata Jokowi.

Baca juga: Runway 3 Akan Diresmikan, Warga Belum Terima Uang Ganti Rugi

Dalam peresmian ini, Jokowi didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Jokowi berharap sejumlah fasilitas baru yang ia resmikan hari ini bisa mengantisipasi masalah lonjakan penumpang.

"Karena sudah kelihatan traffic semakin banyak, penumpang semakin banyak, jangan kita menunggu sampai penuh lagi. Sebelum penuh itu harus disiapkan dulu sehingga masyarakat, rakyat terlayani oleh bandara Soekarno-Hatta ini," kata dia.

Baca juga: Warga Rawajati Gelar Aksi Tuntut Pembayaran Pembebasan Runway 3 Diselesaikan

Dengan runway baru ini, Bandara Soetta memiliki tiga landasan lacu. Runway 1 terletak di sisi selatan, sementara Runway 2 dan Runway 3 di utara.

Runway ke-3 Bandara Soetta yang sudah beroperasi sejak akhir tahun lalu, dibangun untuk meningkatkan kapasitas pergerakan pesawat yang sudah sangat tinggi di Bandara tersebut.

Dengan adanya runway ke-3 yang berukuran 3000 x 60 meter ini, Kemenhub mencatat pergerakan pesawat di Bandara Soetta meningkat dari semula 81 pergerakan pesawat per jam menjadi 114 pergerakan pesawat per jam, baik lepas landas (take off) maupun pendaratan (landing).

Tercatat pula, pergerakan pesawat dari runway selatan menuju runway utara yang semula membutuhkan waktu 30 menit sekarang hanya 7 menit. 

Bersamaan dengan pembangunan runway ketiga, PT Angkasa Pura II (Persero) juga membangun east connection taxiway yang menghubungkan runway selatan dan runway utara.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X