Jokowi Minta Pedagang Pasar Manfaatkan E-commerce

Kompas.com - 23/01/2020, 15:30 WIB
Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (23/1/2020). KOMPAS.com/IhsanuddinAsosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (23/1/2020).
Penulis Ihsanuddin
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meminta para pedagang pasar untuk mulai memanfaatkan aplikasi e-commerce dalam menjual produknya.

Hal itu disampaikan Jokowi saat bertemu Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (23/1/2020).

"Jadi tadi disarankan oleh Presiden, kami harus sekarang ngebut juga untuk jangan ragu-ragu menggunakan aplikasi online untuk bisa menjual barang-barang dari pedagang-pedagang pasar," kata Ketua Umum APPSI Ferry Juliantono di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Baca juga: Pro Kontra Bea Masuk E-commerce dan Petisi ke Sri Mulyani...

Ferry pun mengaku akan mulai menerapkan digitalisasi untuk pasar tradisional.

Menurut dia, digitalisasi pasar tradisional ini bakal diterapkan di 2.600 pasar dari jumlah pasar yang mencapai 13.000 di seluruh Indonesia.

"Itu bisa kami jadikan simulasi, pilot project. Jakarta sudah kami lakukan untuk digitalisasi atau cashless activity maupun collecting," ujarnya.

Politikus Partai Gerindra itu menyebut sudah mengembangkan aplikasi bernama 'digipas' alias digital pasar.

Baca juga: Pasar Anyar Kota Tangerang Akan Direvitalisasi, Anggarannya Mencapai Rp 100 Miliar

Ferry mengakui pihaknya mengalami kesulitan secara kultural dalam melakukan edukasi kepada pedagang pasar dalam menggunakan aplikasi online tersebut. Namun, ia menyatakan APPSI siap menerima tantangan Jokowi itu.

"Kami menerima tantangan dari Presiden untuk pedagang ini masuk ke ranah yang lebih modern," kata dia.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga yang mendampingi Jokowi dalam pertemuan tersebut menyebut, digitalisasi pasar dilakukan sebagai bentuk meningkatkan daya saing serta menyesuaikan perkembangan zaman.

"Digitalisasi pembayaran yang cashless dan juga soal pelatihan dan event yang bisa membuat pasar ini semakin terproteksi dan bisa bersaing dengan pasar modern seperti pasar ritel saat ini," ucap Jerry.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X