Kesan Ma'ruf Amin Kali Pertama Berkantor

Kompas.com - 21/10/2019, 05:46 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin menerima kunjungan Wakil Presiden China Wang Qhisan di Istana Wapres, Jakarta, Senin (21/10/2019) KOMPAS.com/RAKHMAT NUR HAKIMWakil Presiden Maruf Amin menerima kunjungan Wakil Presiden China Wang Qhisan di Istana Wapres, Jakarta, Senin (21/10/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin punya kesan tersendiri saat pertama kali menjalankan tugasnya sebagai orang kedua di republik ini.

Minggu (20/10/2019) menjadi hari pertama baginya bertugas sebagai Wakil Presiden saat menerima kunjungan tiga tamu negara di Istana Wakil Presiden, Jakarta.

Ia menerima kunjungan Wakil Presiden China Wang Qhisan, Wakil Presiden Vietnam Dang Thi Ngoc Thinh, dan Wakil Presiden Myanmar Henry Van Thio.

"Yaa, belum tahu apa-apa, langsung menerima tamu. Saya kira saya akan dibantu dengan beliau (menunjuk Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohammad Oemar) dan ini (Asisten Deputi Komunikasi dan Informasi Publik Rusmin Nuryadin), dan juga lain-lain," ujar Ma'ruf usai menerima ketiga tamu negara.

Baca juga: Saat Bamsoet Candai Maruf Amin yang Tak Pakai Sarung saat Pelantikan...

Ke depan, Ma'ruf mengatakan ada sejumlah pekerjaan yang akan ia tangani seperti penanggulangan kemiskinan, reformasi birokrasi, dan pencegahan stunting.

Saat ditanya apakah ia membawa barang-barang khusus untuk diletakkan di kantor dan rumah dinasnya di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Ma'ruf menjawab tak ada barang spesial yang ia bawa.

"Saya ndak punya hal-hal yang istimewa. Yang ada ya yang diperlukan dibawa," lanjut dia.

Baca juga: Hari Pertama Menjabat Wapres, Maruf Terima Kunjungan 3 Tamu Negara

Joko Widodo dan Ma'ruf Amin resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia untuk periode 2019-2024.

Jokowi dan Ma'ruf resmi menjalankan peran sebagai presiden dan wapres setelah dilantik dalam acara yang berlangsung di Gedung MPR pada Minggu (20/10/2019).

Sebelum dilantik, Jokowi membacakan sumpah jabatan sebagai Presiden periode 2019-2024.

"Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa," ujar Jokowi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X