Franz Magnis: Pak Habibie Orang Paling Mengagumkan yang Pernah Saya Temukan

Kompas.com - 12/09/2019, 09:43 WIB
BJ Habibie DOK. KEMENDIKBUDBJ Habibie

JAKARTA, KOMPAS.com - Rohaniawan Franz Magnis Suseno menuturkan, Presiden ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie merupakan sosok paling mengagumkan yang pernah ia temukan.

Hal itu ia ungkapkan usai melayat ke rumah duka BJ Habibie di Jalan Patra Kuningan XIII Blok L15/7 No.5, Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

"Bagi saya, Pak Habibie adalah salah satu orang paling penting, paling mengesankan dan paling mengagumkam yang pernah saya temukan di dalam hidup saya," kata Franz Magnis.

Baca juga: BJ Habibie Meninggal, BPPT akan Teruskan Semangatnya Membangun Negeri


Franz bersyukur lantaran ia bisa menjalin hubungan personal dengan Habibie.

Ia juga menilai Indonesia merupakan negara yang beruntung karena memiliki sosok anak bangsa seperti BJ Habibie.

"Pak Habibie lah yang sesudah Pak Suharto mengundurkan diri menjadi Presiden, dan ketika waktu itu dalam situasi gawat dan terancam dan berbahaya, Pak Habibie menempatkan Indonesia kembali ke jalur yang tepat," kata dia.

Habibie, lanjut Franz, membuka ruang bagi demokrasi untuk berkembang di Indonesia.

Baca juga: BJ Habibie Wafat, Masyarakat Diminta Kibarkan Bendera Setengah Tiang 3 Hari

Habibie juga dinilainya berperan menempatkan hak asasi manusia di kedudukan yang kuat.

"Saya juga kagum dengan cara satria, elegan Pak Habibie mengundurkan diri dari kedudukan sebagai Presiden sesudah MPR tidak menerima laporannya, ia memberi contoh baik bagaimana seorang menangani kekuasaan," katanya.

"Semoga ia sekarang bertemu dengan istri terkasih Bu Ainun dan berada dalam kedamaian dan kegembiraan Tuhan," pungkasnya.

Seperti diberitakan, BJ Habibie meninggal dunia pada Rabu, pukul 18.05 WIB.

Baca juga: BJ Habibie Meninggal, Mahathir Mohamad Sedih Kehilangan Teman Lamanya

Menurut putra Habibie, Thareq Kemal Habibie, sang ayah meninggal dunia karena sudah berusia tua sehingga sejumlah organ dalam tubuhnya mengalami degenerasi. Salah satunya adalah jantung.

Habibie telah menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Soebroto sejak 1 September 2019.

Selama masa perawatan, Habibie ditangani tim dokter spesialis dengan berbagai bidang keahlian, seperti jantung, penyakit dalam, dan ginjal.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X