Viral Video Sebut Konvoi Truk TNI Tanpa Nomor Pelat, Ini Klarifikasinya

Kompas.com - 16/07/2019, 21:24 WIB
TNI mengklarifikasi video viral soal truk TNI tanpa nomor polisi. Twitter TNI dan FacebookTNI mengklarifikasi video viral soal truk TNI tanpa nomor polisi.

KOMPAS.com - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen Sisriadi membantah keterangan yang menyertai sebuah video viral yang menyebutkan ada konvoi truk milik TNI tanpa nomor pelat.

Video yang beredar juga disertai caption bahwa truk itu membawa warga negara China menuju Bandung.

Sisriadi membantah bahwa truk tersebut milik TNI.

"Bukan, itu bukan truk milik TNI. Kalau kita lihat videonya itu tentu bukan. Mobil TNI ada nomor registrasinya, jadi tidak mungkin ada mobil TNI jalan-jalan tanpa nomor registrasi itu tidak ada," ujar Sisriadi saat dihubungi Kompas.com, Selasa (16/7/2019).

Ia mengatakan, TNI sudah melakukan penelusuran. Berdasarkan penelusuran, diketahui bahwa orang-orang yang berada di dalam truk pada video yang beredar merupakan rombongan mahasiswa dari Universitas Atma Jaya, Yogyakarta.

"Itu mahasiswa-mahasiswa baru Atma Jaya yang mau berangkat camping," ujar Sisriadi.

Mengenai truk yang tidak memakai plat nomor kendaraan, Sisriadi mengungkapkan bahwa hal tersebut merupakan kewenangan pihak Kepolisian.

Selain itu, klarifikasi mengenai video truk yang diduga milik TNI dan membawa warga negara China juga diunggah akun Twitter Pusat Penerangan TNI, @Puspen_TNI.

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, video itu salah satunya diunggah sebuah akun di media sosial Facebook pada Jumat (12/7/2019).

Dalam video itu, terdengar pihak perekam menyampaikan bahwa truk tersebut berisi warga negara China yang akan menuju Bandung.

"Ini ada rombongan mobil tentara tanpa pelat nomor ke arah Bandung yang isinya ini, kelihatannya, (warga) China-china ini," demikian suara dalam video yang beredar.

Selain itu, perekam juga menyebut bahwa truk berwarna gelap itu merupakan milik TNI.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X