Jokowi Minta Pengusaha Kecil Menengah Tak Tergantung Fasilitas Pemerintah

Kompas.com - 18/06/2019, 16:10 WIB
Presiden Joko Widodo bertemu pelaku UMKM di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/6/2019). KOMPAS.com/IhsanuddinPresiden Joko Widodo bertemu pelaku UMKM di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/6/2019).
Penulis Ihsanuddin
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mempersilahkan jika para pengusaha mikro, kecil dan menengah hendak meminta fasilitas dari pemerintah untuk memudahkan mereka dalam mengembangkan bisnis.

Namun, Jokowi juga mengingatkan para pelaku UMKM untuk berhati-hati dengan fasilitas dari pemerintah.

Hal itu disampaikan Jokowi saat bertemu dengan asosiasi pengusaha mikro, kecil dan menengah di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/6/2019) sore.

"Nanti tolong disampaikan apakah masih diperlukan fasilitas-fasilitas dari pemerintah. Tapi juga hati-hati fasilitas yang terlalu banyak kadang-kadang justru melemahkan entrepreneurship dari kita semuanya," kata Jokowi kepada para pelaku UKM yang hadir.


Pantauan Kompas.com, para pengusaha yang hadir berjumlah sekitar 20 orang. Mereka merupakan anggota dari empat asosiasi, yakni Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil Indonesia (HIPMIKINDO), Asosiasi UMKM Indonesia (AKUMINDO), Asosiasi Industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (AKUMANDIRI), dan Himpunan Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (HIPMIKIMDO).

Presiden Jokowi mengingatkan para pengusaha agar tidak terlalu tergantung dengan fasilitas yang diberikan pemerintah dalam mengembangkan usaha mereka.

"Sehingga fasilitas perlu, tapi jangan sampai melemahkan karakter entrepreneurship yang kita miliki," kata Jokowi.

Setelah sambutan dari Jokowi, pertemuan digelar tertutup dari media. Hingga berita ini dilaporkan, pertemuan masih berlangsung.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X