Mendag Yakin Harga Bahan Pangan Stabil Sebelum Masuk Bulan Puasa

Kompas.com - 03/05/2019, 19:38 WIB
Menteri Perdagangan Enggartiasto LukitaKOMPAS.com/Ambaranie Nadia Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita meyakini harga sejumlah bahan pangan stabil selama bulan Ramadan 1440 Hijriah.

"Minggu depan sudah mulai turun. Dari sebelum puasa akan turun ya," ujar Enggar di Kompleks Istana Presiden, Jakarta pada Jumat (3/5/2019), seusai mengikuti rapat terbatas membahas persiapan Lebaran 2019.

Salah satu komoditas yang harganya diyakini stabil, adalah cabai dan bawang merah/bawang putih.

Baca juga: Jelang Puasa, Harga Cabai Rawit di Sulut Naik Jadi Rp 90.000 Per Kg

 

Khusus komoditas bawang putih, harga saat ini diakui melonjak menjadi Rp 100.000 per kilogram. Harga tersebut naik Rp Rp 40.000 hingga Rp 30.000 dari harga sebelumnya.

Namun, ia baru saja mendapatkan laporan bahwa bawang putih dalam jumlah besar akan membanjiri pasar-pasar tradisional selama bulan Ramadan.

"Tadi sudah dilaporkan 80 ribu sudah masuk dan diperkirakan minggu depan itu bisa masuk ke pasar. Jadi, pada saat itu, akan terjadi penurunan (harga)," ujar Enggar.

Baca juga: Harga Bahan Pokok Naik Jelang Puasa, Edy Rahmayadi Ingatkan Pedagang Tidak Curang

 

Selain cabai, bawang merah dan bawang putih, Enggar juga memastikan, harga beras dalam kondisi stabil. Bahkan, ia melihat kecenderungan harga beras belakangan mengalami deflasi.

Sementara harga telur ayam, diakui Enggar, dalam kondisi harga rendah. Enggar pun menyebut bahwa baru kali ini pemerintah mengadakan operasi pasar agar harga telur ayam naik.

"Bahkan, baru kali ini ada operasi pasar naikin harga. Daging ayam juga sama, di dua pekan lalu, kita naikin harga," ujar Enggar.

Kompas TV Di pasar tradisional Bulu Kota Semarang Jawa Tengah harga bawang putih naik secara bertahap kini harganya mencapai 55 ribu rupiah per kilogram dalam kondisi normal harga bawang putih ada di kisaran 30 ribu rupiah per kilogram. Menurut sejumlah pedagang harga bawang putih sempat turun saat ada operasi pasar namun tak berlangsung lama. #BawangPutih #Operasipasar #Semarang

 

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X