Hari Kesiapsiagaan Bencana, Jangan Panik Dengar Sirene Hari Ini!

Kompas.com - 26/04/2019, 11:06 WIB
Ilustrasi siap siaga bencana: Suasana apel siap siaga bencana Kecamatan Kelapa Gading di Jalan Arteri Kelapa Gading, Selasa (27/11/2018). KOMPAS.com/Ardito Ramadhan DIlustrasi siap siaga bencana: Suasana apel siap siaga bencana Kecamatan Kelapa Gading di Jalan Arteri Kelapa Gading, Selasa (27/11/2018).

KOMPAS.com - Sebuah pesan yang berisi adanya bunyi sirine yang terdengar di sejumlah area tertentu beredar di aplikasi pesan WhatsApp pada Kamis (25/4/2019).

Berikut bunyi pesannya:

"Jika besok pagi di area tertentu terdengar suara sirine yang meraung-raung jangan panik. Itu adalah tanda dimulainya peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana."

Saat dikonfirmasi, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) Sutopo Purwo Nugroho membenarkan pesan tersebut.


Sutopo menyebutkan, bunyi sirene itu merupakan pertanda peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB).

"Di beberapa daerah akan membunyikan sirine tsunami untuk peringatan HKB. Tentu dengan pemberitahuan kepada masyarakat sebelumnya dan dilanjutkan latihan evaluasi," ujar Sutopo saat dihubungi Kompas.com, Jumat (26/4/2019).

Adapun Hari Kesiapsiagaan Bencana ini diperingati di seluruh Indonesia pada Jumat (26/4/2019).

"Tidak perlu panik jika mendengar sirine tsunami, itu peringatan HKB yang sudah diberitahukan sebelumnya didaerah-daerah tertentu," ujar Sutopo.

Peringatan ini dilakukan di berbagai daerah. Salah satunya Sumenep, Jawa Timur.

Kepala Badan Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep Rahman mengataka, dalam BPBD melakukan pelatihan evaluasi bencana bersama SAR dan relawan.

"Kami juga melakukan simulasi penyelamatan korban di laut dan di sungai dengan instruktur dari Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas)," ujar Rahman.

Rahman menyampaikan, dalam memperingati HKB, BPBD juga memberikan bantuan stimulan kepada korban bencana serta nantinya akan dilanjutkan dengan sosialisasi mitigasi bencana di bebarapa sekolah.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X