Ma'ruf: Anggaran Tersedia, Kami Akan Siapkan Dana Abadi Kebudayaan

Kompas.com - 17/03/2019, 23:33 WIB
Calon wakil presiden nomor urut 01 Maruf Amin berbicara dalam debat ketiga Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019) malam. Peserta debat ketiga kali ini adalah cawapres masing-masing paslon dengan tema yang diangkat adalah pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGCalon wakil presiden nomor urut 01 Maruf Amin berbicara dalam debat ketiga Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019) malam. Peserta debat ketiga kali ini adalah cawapres masing-masing paslon dengan tema yang diangkat adalah pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon wakil presiden nomor urut 01 Kiai Haji Ma'ruf Amin berjanji akan membentuk dana abadi kebudayaan, apabila ia dan calon presiden petahana Joko Widodo menang di Pilpres 2019.

Janji tersebut ia ungkapkan dalam debat Pilpres 2019 ketiga di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019) malam.

"Anggaran tersedia, kami akan menyiapkan dana abadi kebudayaan supaya kebudayaan kita semakin berkembang," ujar Ma'ruf sebagaimana dikutip Antara.

Selain itu, Ma'ruf juga berkomitmen membawa kebudayaan Indonesia terpandang di dunia. Ia beserta Jokowi akan membangun gedung opera besar sebagai tempat pengembangan kebudayaan.

Ma'ruf memberikan contoh, bangunan yang akan dibangun serupa Sydney Opera House, Australia.

"Kami ingin membangun opera seperti yang ada di Sydney untuk pertunjukkan kebudayaan," kata dia.

Masih dalam rangka pengembangan kebudayaan Indonesia, Maruf juga berjanji akan menggencarkan penyelenggaraan festival-festival kebudayaan, tidak hanya di dalam negeri, namun juga di negara-negara lain.

Ma'ruf menegaskan, karakter kearifan lokal juga tidak boleh dilupakan serta harus terus dilestarikan di masyarakat.

"Mengembangkan kearifan lokal, sebagai nilai-nilai kebangsaan. Yang sifatnya personal yakni gotong royong, persatuan, akhlaqul karimah. Yang sifatnya kolektif kebangsaan adalah berdaulat dalam politik, mandiri dalam perekonomian dan berkepribadian dalam kebudayaan," kata dia.

Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X