Demi Sukseskan Pemilu, Mendagri Ajak Mahasiswa Rekam E-KTP hingga Hindari Ujaran Kebencian - Kompas.com

Demi Sukseskan Pemilu, Mendagri Ajak Mahasiswa Rekam E-KTP hingga Hindari Ujaran Kebencian

Kompas.com - 11/11/2018, 10:55 WIB
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo saat ditemui di Hotel Redtop, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (6/11/2018). KOMPAS.com/Devina Halim Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo saat ditemui di Hotel Redtop, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (6/11/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengajak para mahasiswa untuk memastikan hak politik mereka tidak terbuang sia-sia dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Demi menyukseskan pemilu sebagai sebuah proses konsolidasi demokrasi, Tjahjo menuturkan kuncinya terletak pada partisipasi masyarakat.

Untuk itu, ia meminta para mahasiswa untuk merekam KTP-el dan mengunjungi Tempat Pemungutan Suara .

"Tolong adik-adik mahasiswa yang belum punya KTP-el buat KTP-el, yang belum terdaftar di TPS, urus agar hak politik Anda tidak hilang sebagai warga negara yang memiliki hak politik," ujarnya saat menjadi pembicara di Universitas Udayana, Bali, melalui keterangan pers, Sabtu (10/11/2018).

Baca juga: Belum Miliki E-KTP, 33 Ribu Pemilih Pemula Terancam Kehilangan Hak Pilih

Selain itu, Tjahjo juga berpesan kepada para mahasiswa untuk menghindari ujaran kebencian, dan tindakan lain yang dapat mengganggu proses demokrasi.

"Mari kita lawan racun demokrasi yang merusak konsolidasi demokrasi, yaitu politik uang, kampanye yang berhujat, ujaran kebencian yang harus dicermati oleh mahasiswa dan kalangan akedimisi," kata dia.

Ia pun meyakini bahwa para penyelenggara pemilu seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), akan menjalankan tugasnya dan bersikap profesional.

Begitu pula dengan lembaga pendukung lainnya, yang terdiri dari unsur Kepolisian, TNI, dan pemerintah daerah.

"Kita yakin KPU dan Bawaslu punya pengalaman, integritas dan profesional yang memiliki otoritas tunggal sebagai penyelenggara Pemilu," tutur Tjahjo.

"Mereka didukung oleh Kepolisian, TNI, BIN, Kejaksaan, Satpol PP, Pemerintah Daerah agar pelaksanaan berjalan dengan baik," lanjutnya.


Terkini Lainnya


Close Ads X