Di Tahun Politik, Saring Sebelum "Sharing"

Kompas.com - 08/08/2018, 14:00 WIB
ilustrasi ujaran kebenian, hate speechThinkstok ilustrasi ujaran kebenian, hate speech

JAKARTA, KOMPAS.com – Ajakan untuk bijak dalam menggunakan media sosial terus disuarakan oleh para pegiat literasi memasuki tahun politik 2018 dan 2019.

Pada 2019, untuk pertama kalinya, Indonesia akan menggelar pemilihan legislatif dan pemilihan presiden secara serentak.

Situasi politik mulai menghangat pada 2018 ini. Tak hanya elite politik, di dunia maya, "pertarungan" antar-kubu juga mulai terasa.

Beberapa waktu lalu, survei Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menunjukkan, konflik horizontal antar pendukung dapat menjadi salah satu penghambat penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019.


Gerakan nasional literasi digital, Siberkreasi, menyebar ajakan untuk menekan konten negatif di media sosial dengan menyebarluaskan konten positif.

“Kami sebarkan konten-konten positif, harapannya orang juga akan terbawa karena banyaknya konten positif yang ada di sekitar mereka. Sehingga orang-orang tidak lagi membuat konten-konten berbau negatif,” ujar Event Manager Siberkreasi, Ivana Meida, kepada Kompas.com, Selasa (7/8/2018).

Siberkreasi mengedukasi masyarakat tentang literasi media dengan cara yang mudah diterima oleh masyarakat, misalnya melalui musik, infografis, kompetisi, dan sebagainya.

“Kalau kita larang atau berikan informasi secara keras takutnya malah sulit dipahami. Makanya kami sampaikan dengan cara yang asyik dan fun,” kata Ivana.

Menurut dia, ujaran kebencian yang disebarkan di media sosial salah satunya karena lemahnya literasi digital.

“Banyak dari masyarakat yang belum mampu membedakan hate speech dan kritik, sehingga mereka dengan gampangnya ikut menyebarluaskan konten yang mereka terima tanpa mengecek terlebih dahulu kebenarannya,” ujar Ivana.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X