Jokowi Puas Hasil Renovasi 4 Venue GBK - Kompas.com

Jokowi Puas Hasil Renovasi 4 Venue GBK

Kompas.com - 02/12/2017, 16:17 WIB
Presiden Jokowi meresmikan Lapangan Hoki, Lapangan Sepakbola ABC, Lapangan Panahan dan Stadion Renang di Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (2/11/2017). KOMPAS.com/IHSANUDDIN Presiden Jokowi meresmikan Lapangan Hoki, Lapangan Sepakbola ABC, Lapangan Panahan dan Stadion Renang di Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (2/11/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo merasa puas dengan hasil renovasi 4 venue yang ada di kawasan stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Empat venue yang dimaksud, yakni Lapangan Hoki, Lapangan Sepakbola A/B/C, Lapangan Panahan dan Stadion Renang.

"Kalau kita lihat, kita bandingkan sebelum direhab total itu perbedaannya sangat mencolok sekali. Silahkan ditanya ke atlet dan ke pelatih perbedaannya seperti apa. Saya kira ini yang terbagus," kata Jokowi usai meresmikan keempat venue senilai Rp 370 Miliar tersebut, Sabtu (2/12/2017).

(Baca juga : Jokowi Resmikan 4 Venue Olahraga GBK Senayan)

Jokowi mengatakan, renovasi 9 venue lainnya saat ini terus dikebut pengerjaannya dan dipastikan akan selesai sebelum perhelatan Asian Games 2018 pada Agustus tahun depan.

Dengan renovasi yang dilakukan, Jokowi berharap, kawasan GBK tak hanya siap untuk menggelar perhelatan Asian Games 2018.

Lebih dari itu, Jokowi ingin agar kawasan GBK bisa terus menjadi ruang terbuka bagi warga.

"Artinya tidak hanya untuk olahraga saja, tapi bisa menjadi ruang publik, menjadi open space yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," kata Jokowi.

(Baca juga : Jokowi Resmikan Kolam Renang Terbesar di Asia Tenggara)

Lapangan Hoki Gelora Bung Karno memenuhi persyaratan penyelenggaraan olahraga internasional yang disyaratkan oleh organisasi induk cabang olahraga pascadikeluarkannya Sertifikat oleh International Hockey Federation (FIH) tertanggal 17 Mei 2017.

Sertifikat ini berlaku selama 3 tahun dan akan ditinjau ulang pada tahun 2020.

Sementara Lapangan Sepak Bola ABC terdiri dari 3 unit lapangan, yakni 2 buah lapangan dengan menggunakan rumput natural dengan jenis Zoysia Japonica (lapangan A) dan Zoysia Matrella (lapangan B) yang merupakan jenis rumput khas Indonesia yang dikembangkan di Solo oleh ahli bidang perumputan.

Sedangkan Lapangan C menggunakan rumput sintetis.

Spesifikasi lapangan ini telah mengacu pada standar kualitas dari Federation International Football Association (FIFA).

Selanjutnya, lapangan Panahan yang memiliki luas area 12.142 meter persegi kapasitasnya sebanyak 112 kursi.

Terakhir, stadion Renang memiliki luas area 21.200 meter persegi dengan kapasitas 7.150 kursi. Renovasinya dilakukan PT Waskita Karya (Persero).


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisIhsanuddin
EditorSandro Gatra
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X