Kompas.com - 28/11/2017, 19:32 WIB
Penulis Ihsanuddin
|
EditorSabrina Asril

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo baru saja mendapatkan keluarga baru. Putri semata wayangnya, Kahiyang Ayu, menikah dengan Bobby Nasution, pria asli Tapanuli Selatan.

Jokowi yang baru saja mengikut prosesi ngunduh mantu di Medan pada pekan lalu, menjadi tahu lebih dalam mengenai adat dan budaya yang ada di Sumatera Utara.

"Waktu anak saya kemarin nikah dengan keluarga besar Sumatera Utara. Saya pikir di sana hanya ada horas. Ternyata di Sumatera Utara tidak hanya horas," kata Jokowi saat bersilaturahmi dengan Peserta Rakornas Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Istana Negara, Jakarta, Selasa (28/11/2017).

Jokowi mengatakan, masyarakat Sumatera Utara punya banyak cara untuk menyampaikan salam.

Baca juga : Rangkaian Acara Pernikahan Bobby-Kahiyang Usai, Jokowi Minta Maaf

"Ada horas, ada ahoy, ada majuahjuah, ada juahjuah, ada yaahowu. Karena sekarang saya sudah jadi keluarga besar Sumut, jadi saya tahu," kata dia.

Jokowi mengatakan, hal tersebut menandakan bahwa Indonesia adalah negara yang sangat beragam. Oleh karena itu, Jokowi meminta Forum Kerukunan Umat Beragama untuk terus menjaga kerukunan di tengah masyarakat.

Jangan sampai masyarakat jadi terbelah hanya karena pilihan politik di Pilkada, Pileg atau pun Pilpres.

"Jaga bersama jangan sampai karena Pilkada persaudaraan kita retak dan pecah," ucap dia.

Kompas TV Presiden Joko Widodo menyatakan ucapan terima kasih sekaligus permintaan maafnya kepada seluruh warga Kota Medan.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.