Afi Akui Mengutip Ucapan Malala Yousafzai

Kompas.com - 01/06/2017, 08:55 WIB
Asa Firda Inayah dan ayahnya. KompasTVAsa Firda Inayah dan ayahnya.
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Asa Firda Inayah, alias Afi, disebut telah mengutip ucapan Malala Yousafzai, dalam tulisannya "Belas Kasih Dalam Agama Kita". Afi mengakui hal tersebut.

Remaja berusia 18 tahun itu mengatakan, dia sudah berkali-kali mengutip ucapan Malala sang peraih nobel perdamaian 2014, "With guns, you can kill terrorists. With education, you can kill terrorisme."

"Kutipan Malala sudah lama saya kutip. Saya selalu mengutip beberapa tulisan dia," kata Afi kepada KompasTV, di Kementerian Luar Negeri, Jalan Pejambon, Jakarta, Kamis (1/6/2017).

Afi mengatakan, dia mengetahui kalimat itu dari temannya yang mengirimkan video Malala. Kemudian, ucapan itu dikutipnya dalam beberapa tulisannya.

"Saya mengutip itu dan selalu saya cantumkan. Saya pikir orang sudah hapal, seperti kutipan-kutipan umum lainnya," ucapnya.

"Sebetulnya kutipan itu sudah saya kutip berkali-kali," kata Afi lagi dengan mata berkaca-kaca.

Baca: Afi Menangis Saat Jelaskan Tuduhan Plagiarisme

Terkait dugaan bahwa dirinya telah melakukan plagiarisme tulisan Mita Handayani, Afi membantah. Dia mempersilakan pihak yang meragukan tulisannya menanyakan langsung kepada pemilik akun Mita Handayani. 

"Mita Handayani, minta konfirmasi aja sama akun Mita Handayani," kata Afi.

Baca: Drama "Dugaan" Plagiarisme Afi Nihaya Faradisa 

Baca: Betapa Mudah Kita Menjadi Penyebar Kebohongan (Tanggapan "Drama Dugaan Plagiarisme Afi Nihaya Faradisa")



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X