Jokowi dan Netizen Suarakan #SayaPancasila - Kompas.com

Jokowi dan Netizen Suarakan #SayaPancasila

Kompas.com - 29/05/2017, 14:03 WIB
Akun Instagram Presiden Joko Widodo Presiden Joko Widodo mengunggah pesan tentang Pancasila untuk menyambut Pekan Pancasila.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang peringatan hari lahir Pancasila pada 1 Juni, Presiden Joko Widodo bersama sejumlah kementerian lewat akun media sosialnya menyuarakan tagar #SayaPancasila.

Tagar ini di jejaring sosial twitter menjadi salah satu trending topics.

Presiden lewat akun instagram @jokowi menyatakan, Pekan Pancasila tahun ini akan diselenggarakan dari 29 Mei-4 Juni 2017 dengan tema "Saya Indonesia, Saya Pancasila”.

Peringatan hari lahir Pancasila akan dipusatkan di halaman Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jalan Pejambon, Jakarta Pusat.

Jokowi menyatakan, pekan pancasila digelar untuk menguatkan dan memperkenalkan ulang dasar-dasar Pancasila dan untuk menarik minat para generasi muda terhadap Pancasila.

"Sehingga diharapkan seluruh komponen bangsa Indonesia dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," tulis Jokowi di Instagram, seperti dikutip Kompas.com, Senin (29/5/2017).

 

Pekan Pancasila tahun ini akan diselenggarakan dari 29 Mei-4 Juni 2017 dengan tema "Saya Indonesia, Saya Pancasila”. Peringatan Hari Lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni 2017 dipusatkan di halaman Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jl. Pejambon, Jakarta Pusat. Pekan Pancasila kita gelar untuk menguatkan dan memperkenalkan ulang dasar-dasar Pancasila dan untuk menarik minat para generasi muda terhadap Pancasila, sehingga diharapkan seluruh komponen bangsa Indonesia dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Ayo sebarkan logo ini untuk mengingatkan bangsa ini memiliki perekat kebhinekaan: Pancasila. Kita gunakan tagar #PekanPancasila #SayaPancasila #PancasilaReborn #KenalPancasila #PancasilaPunyaKita #PancasilaSatu #Pancasila2017

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on May 26, 2017 at 7:43am PDT

Jokowi mengajak publik ikut menyebarkan logo bertuliskan "Saya Indonesia, Saya Pancasila" yang ia posting di Instagramnya untuk mengingatkan bangsa ini memiliki perekat kebhinekaan yakni Pancasila.

Tak lupa Jokowi mengajak netizen untuk menggunakan tagar #PekanPancasila #SayaPancasila #PancasilaReborn #KenalPancasila #PancasilaPunyaKita #PancasilaSatu #Pancasila2017.

Sementara itu, sampai Senin pukul 13.20 WIB, tagar #SayaPancasila menjadi salah satu trending topics di Twitter.

Dari lembaga negara sampai menteri ikut mengunggah soal Pancasila.

Menteri Agama Lukman Hakim lewat akun @lukmansaifuddin menulis, "Pancasila adalah pelaksana nilai-nilai agama warga Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. #SayaPancasila."

Kementerian Sekretaris Negara lewat akun twitternya @KemensetnegRI menyatakan Pancasila merupakan alat mempersatu bangsa.

"Pancasila itu mempersatukan Indonesia... -Pratikno, Mensesneg #SayaIndonesia #SayaPancasila".

Sementara Komisi Pemberantasan Korupsi mengajak netizen untuk meramaikan Pekan Pancasila ini.

"Selamat pagi! Mari ramaikan #PekanPancasila 29 Mei - 4 Juni 2017! #SayaPancasila #KenalPancasila #PancasilaPunyaKita #PancasilaSatu," tulis akun @KPK.

Dalam peringatan pidato Bung Karno 1 Juni 1945 di Bandung, Rabu (1/6/2016), Presiden Jokowi mengumumkan bahwa 1 Juni diputuskan sebagai Hari Lahir Pancasila.

Mulai 2017, setiap tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai hari libur nasional.


EditorSandro Gatra

Close Ads X