Indonesia Negara Pertama yang Terima Kiswah Kakbah dari Raja Salman

Kompas.com - 10/03/2017, 16:55 WIB
TRIBUNNEWS / HERUDIN Potongan kain kiswah penutup Kakbah diberikan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud untuk Masjid Istiqlal, Kamis (2/3/2017). Pemberian tersebut usai Raja Salman dan Presiden Joko Widodo melakukan shalat tahiyatul masjid, sebagai hadiah untuk Masjid Istiqlal.

JAKARTA, KOMPAS.com - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud memberikan kenang-kenangan berupa kiswah atau kain penutup kakbah kepada Masjid Istiqlal. Rupanya, ini adalah kali pertama Raja Salman memberi hadiah kiswah saat berkunjung ke masjid suatu negara.

Hal ini disampaikan Wakil Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia dan diterjemahkan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

"Ini pertama kali seorang Raja menghadiahkan ini, ke Indonesia dan ini wujud dari kecintaan raja kepada seluruh masyarakat Indonesia," kata Lukman dalam jumpa pers seusai peresmian pemasangan kiswah di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (20/3/2017).

Lukman mengatakan, lazimnya kiswah hanya diberikan oleh pihak keluarga Kerajaan Saudi Arabia sebagai bentuk penghormatan untuk orang-orang yang dianggap berjasa. Kiswah yang diberikan itu pun biasanya hanya berbentuk potongan-potongan kecil.


(Baca juga Raja Salman Beri Potongan Kiswah Kakbah untuk Masjid Istiqlal)

"Baru kali ini dengan sebesar ini dengan ayat yang penuh makna," ucap Lukman.

Lukman menambahkan, prinsipnya kiswah yang bertuliskan Surat Al-Baqarah ayat 125 itu dihadiahkan oleh Raja Salman kepada masyarakat muslim di seluruh Indonesia. Masjid Istiqlal dipilih sebagai tempat yang bisa mewakili.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisIhsanuddin
EditorSabrina Asril
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X