Wujudkan Tol Laut, Presiden Resmikan Lima Pelabuhan di Kawasan Timur

Kompas.com - 06/04/2016, 14:22 WIB
Presiden Joko Widodo INDRA AKUNTONO/KOMPAS.comPresiden Joko Widodo
|
EditorHeru Margianto

TOBELO, KOMPAS – Selama tiga hari berturut-turut, Senin (4/4/2016) hingga Rabu (6/4/2016), Presiden Joko Widodo mengunjungi tiga provinsi di wilayah Indonesia bagian timur.

Setelah mengunjungi Maluku dan Papua Barat, Presiden mengakhiri kunjungan kerjanya di Kabupaten Pulau Morotai dan Kabupaten Halmahera Utara.

Setelah bermalam di Morotai, Rabu pagi Presiden Jokowi dan Nyonya Iriana Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, dan Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi, mengunjungi Halmahera Utara dengan menggunakan pesawat CN-295 TNI AU.

Di Halmahera Utara, Presiden Jokowi meresmikan lima pelabuhan laut yakni Pelabuhan Tobelo, Pelabuhan Galela, Pelabuhan Tutu Kembong, Pelabuhan Wonreli dan Pelabuhan Pulau Teor. Peresmian kelima pelabuhan itu dipusatkan di Pelabuhan Tobelo di Kabupaten Halmahera Utara.

Joko Widodo dalam sambutannya menyatakan Tol Laut sangat penting karena akan memperlancar lalulintas barang dan orang membantu sistem logistik kelautan, yang melayani tanpa henti dari Sabang sampai Merauke.

“Dua pertiga dari wilayah Indonesia adalah air. Ini yang tidak kita sadar. Seperti wilayah darat. Karena itu kita harus konsentrasi di laut,” kata Presiden.

Menurut Presiden laut harus mendapat perhatian apalagi Indonesia memiliki 17.000 pulau yang tersebar di seluruh Tanah Air.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menyatakan Pelabuhan Tobelo merupakan pelabuhan penting di Halmahera Utara.

Pelabuhan ini memiliki kapasitas kapal kargo 10.000 DWT, yang dilengkapi fasilitas pelabuhan laut seperti dermaga untuk semua kargo seluas 174 x 8 meter persegi, dermaga penumpang, dermaga peti kemas serta fasilitas darat seperti lapangan penumpukan, terminal penumpang dan area parkir.

Usai meresmikan kelima pelabuhan itu, Presiden menyerahkan Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas Berat (ASPDB), Kartu Asistensi Sosial Lanjut Usia (ASLUT), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Beras Sejahtera di Kecamatan Galela. 

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X