Kompas.com - 24/12/2015, 23:30 WIB
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com - Laman Sekretariat Kabinet (setkab.go.id) berhasil dipulihkan setelah sempat diretas. Peretas belum diketahui, tapi saat ini laman bisa diakses seperti semula.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengungkapkan, saat diretas, tampilan laman tersebut berubah menjadi gambar tengkorak dan terdengar musik bergenre disko.

Berdasarkan analisis internal Setkab, peretasan diduga kuat dilakukan melalui Plugin CMS (Content Management System).

"Salah satu teknik yang digunakan adalah dengan melakukan eksploitasi terhadap plugin CMS tersebut," kata Pramono, saat dikonfirmasi, Kamis (24/12/2015) malam.

Selain itu, kata Pramono, tim internal Setkab juga mengamankan data, terutama mengamankan halaman admin pengelola setkab.go.id. Langkah ini ditempuh untuk mengantisipasi jika ada peretasan berikutnya.

Hasilnya, laman berhasil dipulihkan bertahap. Laman tersebut sudah dapat diakses seperti semula sejak sekitar pukul 18.45 WIB. "Situs setkab.go.id telah beroperasi kembali seperti sedia kala," ucap Pramono.

Peretasan laman setkab.go.id terjadi sejak Kamis siang. Laman yang memberitakan kegiatan Presiden Joko Widodo dan sosialisasi kebijakan pemerintah itu tampilannya berubah menjadi gambar tengkorak. Suara musik disko terdengar jika diakses menggunakan gadget.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.