Kejaksaan Agung Jemput Eks Wali Kota Medan dari LP Tanjung Gusta

Kompas.com - 22/09/2015, 10:20 WIB
Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta Kompas/Iwan SetiyawanGedung Kejaksaan Agung, Jakarta
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary
JAKARTA, KOMPAS.com - Kejaksaan Agung menjemput mantan Wali Kota Medan, Rahudman Harahap, dari Lembaga Pemasyarakatan Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara ke Jakarta, Selasa (22/9/2015). Rahudman dijemput karena kasus yang menjeratnya memasuki tahap dua dan ditangani Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat. Ia menjadi tersangka dugaan tindak pidana korupsi pengalihan hak atas tanah negara yang dikelola PT Kereta Api Indonesia (KAI), menjadi milik Pemerintah Kota Medan.

"Penjemputan ini dalam rangka tahap dua ke Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat," ujar Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Amir Yanto, Selasa (22/9/2015) pagi.

Rahudman diduga mengalihkan lahan Perusahaan Jawatan Kereta Api (sekarang PT. KAI) menjadi hak pengelolaan tanah Pemda Tingkat II Medan tahun 1982. Ia juga diduga melakukan tindak pidana penerbitan hak guna bangunan atas lahan tersebut tahun 1994 lalu, pengalihan hak guna bangunan tahun 2004 dan perpanjangan hak guna bangunan tahun 2011 demi memuluskan pengalihan kepemilikan lahan itu.

Dalam perkara itu, kejaksaan juga sudah menetapkan mantan Wali Kota Medan sebelumnya, Abdillah dan seorang pihak swasta bernama Handoko Lie sebagai tersangka.

Amir mengatakan, saat ini penyidik Kejaksaan Agung dalam perjalanan dari ke Jakarta dari Medan.

"Tim akan membawa yang bersangkutan dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia Airlines nomor penerbangan GA 183 menuju Jakarta pukul 10.00 WIB," kata dia.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.