Kapolri: Hari Bhayangkara adalah Hari Kepolisian Nasional

Kompas.com - 01/07/2015, 20:54 WIB
Kepala Polri Jenderal Badrodin Haiti, saat konferensi pers seusai mengikuti upacara HUT ke-69 Bhayangkara di Lapangan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Rabu (1/7/2015). KOMPAS.com/ABBA GABRILLINKepala Polri Jenderal Badrodin Haiti, saat konferensi pers seusai mengikuti upacara HUT ke-69 Bhayangkara di Lapangan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Rabu (1/7/2015).
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Polri Jenderal Badrodin Haiti menjelaskan, Hari Bhayangkara bukanlah hari lahir Kepolisian. Menurut dia, banyak yang tidak paham mengenai sejarah di balik peringatan Hari Bhayangkara.

"Perlu kami laporkan bahwa Hari Bhayangkara bukan hari lahir Kepolisian, tetapi hari Kepolisian Nasional yang ditandai keluarnya Peraturan Presiden Nomor  11 Tahun 1946, pada tanggal 1 juli 1946," ujar Badrodin, saat menyampaikan sambutan dalam acara syukuran Hari Bhayangkara di Halaman Mabes Polri, Jakarta, Rabu (1/7/2015).

Badrodin mengatakan, sebelum Perpres tersebut keluar, Kepolisian masih terdiri dari kepolisian daerah dan terpecah-pecah. Perpres tersebut kemudian mempersatukan Kepolisian secara nasional, dan berada langsung di bawah Presiden.

"Bahkan banyak polisi sendiri yang tidak tahu, kalau hari Bhayangkara itu hari Kepolisian Nasional," kata Badrodin.


Setelah menggelar upacara HUT ke-69 Bhayangkara, di Lapangan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Polri menggelar acara syukuran dan buka puasa bersama di Mabes Polri, Jakarta. Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla turut menghadiri acara syukuran tersebut.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X