ADVERTORIAL

Tengok Atlet Disabilitas, Ketua MPR Tanding Tenis Meja

Kompas.com - 10/06/2015, 09:34 WIB
Zulkifli Hasan MPRZulkifli Hasan
Penulis advertorial
|
EditorLaksono Hari Wiwoho

"Siapa kita? Indonesia!" Demikianlah jargon pembakar semangat yang digaungkan 41 atlet dari seluruh Indonesia di Kampus B Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Rawamangun, Jakarta ini. Sekilas, tidak ada yang berbeda dari mereka. Menggunakan seragam pelatihan berupa kaos putih dan celana merah, mereka terlihat laiknya atlet biasa.

Namun ternyata, mereka adalah atlet Special Olympics Indonesia (SOIna), para atlet yang merupakan penyandang disabilitas intelektual alias tunagrathia. Rencananya, pada 24 Juli mendatang, para atlet SOIna akan terbang ke Los Angeles untuk mengikuti rangkaian  Special Olympics World Games.

Saat ini, sejak 1 Juni kemarin hingga 21 Juli mendatang, para atlet tersebut telah dikarantina untuk mendapatkan pelatihan. Sore itu, Selasa (9/6/2015), Ketua MPR Zulkifli Hasan bersama Anggota DPR Komisi VIII Desy Ratnasari mengunjungi para atlet di lokasi karantina, Rusunawa 2 UNJ.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua MPR Zulkifli Hasan memberikan semangat bagi para atlet untuk menghadapi olimpiade di Negeri Paman Sam itu. Apalagi mengingat selama ini Ketua MPR Zulkifli Hasan memang menunjukkan kepeduliannya terhadap penyandang disabilitas.

"Adik-adik ini hebat bisa masuk ke Special Olympics, bisa ke L.A. Kalau Sea Games kemarin kita belum beruntung, nanti mudah-mudahan, anak-anakku bisa meningkatkan kualitasnya dan mengharumkan nama bangsa," kata Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Selain itu, Ketua MPR Zulkifli Hasan juga mengaku telah mendesak pemerintah untuk segera merampungkan RUU Penyandang Disabilitas. Katanya, ia akan terus memperjuangkan hak masyarakat berkebutuhan khusus.

"Karena memang sudah hak mereka untuk hidup layak, mendapat pekerjaan dan pendidikan. Sehingga memang harus didukung negara. Kalay tidak, artinya negara melanggar HAM," kata Ketua MPR Zulkifli Hasan yang disambut tepuk tangan para atlet sore itu.

Tidak hanya memberi semangat secara lisan, Ketua MPR Zulkifli Hasan juga menantang salah satu atlet SOIna untuk ‘adu’ tenis meja. Spontan, atlet tenis meja asal Kalimantan, Rocky, mengajukan diri utnuk menjawab tantangan sang Ketua MPR.

"Saya dulu juga atlet olimpiade ini. Olimpiade kecamatan," selorohnya yang sontak mengundang tawa hadirin kala itu.

Pertandingan antara Ketua MPR Zulkifli Hasan dengan Rocky berlangsung meriah. Para atlet tak henti menyorakki keduanya. Ketua MPR Zulkifli Hasan, yang kala itu kurang fit karena flu, tetap menunjukkan semangatnya. Sesekali ia mencoba mengejar bola, melompat, dan melakukan smash. Pertandingan usai dengan kemenangan di kubu Rocky.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.