Aburizal Tekankan Kriteria Ketua DPR dari Golkar Harus Loyal terhadap Partai

Kompas.com - 25/08/2014, 16:37 WIB
Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie KOMPAS.com/Indra AkuntonoKetua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie
|
EditorFidel Ali Permana


JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie mengakui pihaknya tengah menggodok figur yang akan diusung untuk menjadi bakal calon ketua DPR periode 2014-2019. Kriteria utamanya adalah figur tersebut harus loyal terhadap partai.

"Kriterianya loyal kepada partai dan mampu memimpin DPR," kata Aburizal di Menteng, Jakarta Pusat, Senin (25/8/2014).

Aburizal melanjutkan, selain dua kriteria yang ia sebut, calon ketua DPR yang akan diusung Golkar juga harus memperhatikan pemerataan pembangunan di semua daerah. Kriteria ini diberikan sesuai dengan masukan dari pengurus Golkar di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Meski demikian, Aburizal belum mau menyebut beberapa figur yang diproyeksikan menduduki posisi tersebut. Ia hanya menyampaikan bahwa Golkar memiliki 91 calon sesuai dengan perolehan kursi di DPR.

"Kita sedang pertimbangkan sesuai dengan mekanismenya. Tidak ada yang lebih unggul, semuanya unggul, semuanya berpeluang," ucap Ical, sapaan Aburizal.

Untuk diketahui, Golkar berpeluang mendapatkan posisi ketua DPR periode 2014-2019. Landasannya adalah revisi Undang-Undang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3) yang disahkan DPR pada 8 Juli 2014 lalu yang mengatur bahwa ketua DPR dipilih oleh anggota DPR, bukan berdasarkan partai pemenang pemilu.

Aturan itu tercantum dalam Pasal 84 ayat (1) yang menyatakan bahwa pimpinan DPR terdiri atas satu orang ketua dan empat orang wakil ketua yang dipilih dari dan oleh anggota DPR. Pada undang-undang sebelumnya, yakni Pasal 82 UU Nomor 27 Tahun 2009, pimpinan DPR berasal dari partai pemenang pemilu.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X