Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terima Apa Pun Putusan MK, Golkar Siap Berada di Luar Pemerintahan

Kompas.com - 18/08/2014, 17:08 WIB
Meidella Syahni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
 — Wakil Ketua Umum Golkar Theo L Sambuaga menyatakan, Partai Golkar akan menerima apa pun keputusan Mahkamah Konstitusi terkait gugatan hasil Pemilu Presiden 2014. Ia menyatakan, Partai Golkar akan siap berada di luar pemerintahan jika MK menolak mengabulkan gugatan tim Prabowo-Hatta.

"Kita berusaha semaksimal mungkin, berjuang mengharapkan seoptimal mungkin hasilnya, mengakomodasi tuntutan dari tim Prabowo-Hatta. Namun, apa pun hasil yang akan diumumkan oleh MK, Golkar akan menghormati," kata Theo di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (18/8/2014).

Sebagai konsekuensinya, kata Theo, Jika MK menolak gugatan tim Prabowo-Hatta, Golkar yang ikut dalam Koalisi Merah Putih akan berada di luar pemerintahan. Namun, itu tidak berarti bahwa mereka adalah oposisi. Artinya, ujar Theo, Golkar akan tetap bekerja sama dengan pemerintah di parlemen, termasuk bekerja sama dengan koalisi pendukung pemerintah yang baru.

"Kalau ada isu-isu yang baik, isu-isu yang kebijakannya sejalan dengan Golkar, ya kita akan mendukung, kita akan mengontrol. Nggak ada masalah sebenarnya," katanya.

Ketika disinggung soal Munas Golkar, Theo setuju bahwa munas partai beringin diadakan pada 2015 sesuai dengan keputusan Munas Golkar di Riau. Menurut dia, munas diperkirakan akan dilaksanakan antara Januari dan Februari 2015. Theo juga menyatakan tidak akan maju sebagai calon ketua umum Golkar.

"Saya tidak maju dan tidak akan ikut jadi tim sukses," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com