Survei Indo Barometer, Selisih Jokowi-JK dan Prabowo-Hatta 3,4 Persen - Kompas.com

Survei Indo Barometer, Selisih Jokowi-JK dan Prabowo-Hatta 3,4 Persen

Kompas.com - 29/06/2014, 14:06 WIB
KOMPAS.com/Indra Akuntono Pengamat politik Indobarometer M Qodari

JAKARTA, KOMPAS.com - Survei terakhir Indo Barometer menunjukkan, pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla masih unggul atas lawannya, pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Pasangan capres dan cawapres nomor urut 2 tersebut mendapatkan suara sebesar 46,0 persen. Sementara pasangan nomor urut 1 Prabowo-Hatta mendapatkan 42,6 persen.

Responden yang belum memutuskan sebesar 11,3 persen, sementara yang merahasiakan pilihan sebesar 1,3 persen. Yang mengaku tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 1,7 persen. Sisanya, 0,2 persen sudah memutuskan untuk tidak memilih.

Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari memberi tajuk surveinya kali ini "The Final Round: Siapakah Pemenang Pilpres 9 Juli 2014?".

"Siapakah pemenang Pilpres 9 Juli 2014. Jawabannya, saya juga tidak tahu. Semuanya tergantung kerja kedua pasangan ini dalam beberapa hari ke depan," kata Qodari saat merilis hasil surveinya di Jakarta, Minggu (29/6/2014) siang.

Jokowi-JK, kata dia, akan menang apabila dapat bekerja keras untuk mempertahankan keunggulan suara saat ini. Selain itu, pemilih yang belum menentukan pilihan sebesar 11 persen juga harus terbagi proporsional.

Qodari menambahkan, Prabowo-Hatta akan menang jika terus berhasil menaikkan suara mereka dalam beberapa hari ke depan. Sebaliknya, suara Jokowi-JK juga bisa terus menurun. "Sulit memprediksi siapa yang akan menang," tambahnya.

Survei ini dilakukan pada tanggal 16-22 Juni 2014 di 33 provinsi di seluruh Indonesia dengan jumlah responden sebesar 1200 orang. Margin of error sebesar kurang lebih 3,0 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisIhsanuddin
EditorKistyarini

Close Ads X