Masuki Ruang Rakernas, Jokowi Diteriaki "Jokowi Capres!"

Kompas.com - 06/09/2013, 14:38 WIB
Suasana Rapat Kerja Nasional PDI Perjuagan di Ancol, Jakarta, Jumat (6/9/2013). KOMPAS.com/Indra AkuntonoSuasana Rapat Kerja Nasional PDI Perjuagan di Ancol, Jakarta, Jumat (6/9/2013).
|
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com — Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDI Perjuangan baru saja dimulai. Suasana sempat riuh saat Ketua Umum Megawati Soekarnoputri memasuki ruang rakernas didampingi sejumlah tokoh PDI Perjuangan, antara lain putrinya, Puan Maharani, politisi senior PDI Perjuangan Pramono Anung, serta Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi).

Para tokoh partai berlambang banteng bermoncong putih ini mengenakan jas merah, pakaian kebesaran partai berlambang banteng tersebut. Persis di pintu masuk ruang rakernas, ribuan kader PDI Perjuangan dengan sangat antusias menyambut pemimpin partainya. Banyak yang mengepalkan tangan sambil berteriak "Merdeka...merdeka".

Namun, teriakan seketika berubah, tepatnya saat para peserta rakernas melihat Jokowi ada di belakang Megawati. "Jokowi capres, Jokowi capres," kata sejumlah kader bersahut-sahutan.

Meski demikian, tak ada reaksi khusus dari Jokowi ataupun Megawati. Semua tetap melanjutkan langkahnya menuju kursi di posisi paling depan dengan tenang.

Megawati tiba di lokasi sekitar pukul 14.00. Sebelum masuk ke ruang rakernas, ia dan para tokoh PDI-P sempat masuk ke sebuah ruangan khusus yang lokasinya persis di sisi kiri pintu masuk ruang rakernas.

Untuk diketahui, Rakernas PDI Perjuangan digelar pada 6-8 September 2013, di Ecopark Convention Ancol, Jakarta. Agenda utama rakernas ini adalah konsolidasi menghadapi Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden tahun depan.

Beberapa hari lalu, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani sempat menyampaikan bakal ada kejutan dalam Rakernas PDI Perjuangan kali ini. Pasalnya, rakernas ini adalah yang terakhir kalinya dilakukan PDI Perjuangan sebelum perhelatan Pemilu 2014.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan ini tak menampik jika dalam rakernas akan ada pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) yang datang dengan menyampaikan berbagai usulan nama calon presiden (capres). Usulan itu akan disampaikan di forum tertutup dalam rakernas tersebut.

Semua usulan yang mencuat akan menjadi pertimbangan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dalam memutuskan capres yang akan diusung partai berlambang banteng itu. Pengambilan keputusan, ujar Puan, menjadi wewenang penuh Ketua Umum.

Sampai berita ini diturunkan, rakernas baru saja dimulai. Suasana begitu khidmat saat lagu "Indonesia Raya" berkumandang.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X