Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semua Wakil Rektor UI Diganti pada 28 Juni

Kompas.com - 15/06/2013, 03:37 WIB

Jakarta, Kompas - Wakil Rektor I hingga III Universitas Indonesia akan diganti pada 28 Juni 2013. Namun, penggantian itu dibantah terkait penetapan Wakil Rektor I Bidang Sumber Daya Manusia, Keuangan, dan Administrasi Umum Tafsir Nurchamid, sebagai tersangka korupsi proyek pembangunan dan instalasi teknologi informasi perpustakaan UI tahun anggaran 2010-2011.

”Saya sudah rencanakan itu sejak dilantik. Bukan baru-baru ini saja,” kata penjabat Rektor UI Muhammad Anis, dihubungi di Jakarta, Jumat (14/6). Anis dilantik awal Mei lalu.

Menanggapi itu, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Djoko Santoso mengatakan, kementerian tidak berwenang ikut campur dalam persoalan itu, apalagi jika menyangkut perkara hukum. Oleh karena berstatus PTN Badan Hukum, UI punya mekanisme sendiri menangani berbagai hal, terutama memastikan operasional universitas.

”Mekanisme diserahkan kepada Majelis Wali Amanat (MWA). Tak bisa pemerintah serta-merta ikut campur,” kata Djoko.

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menambahkan, meski Tafsir jadi tersangka korupsi, operasional dan tanggung jawab sehari-hari Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia, Keuangan, dan Administrasi Umum UI tetap berjalan normal.

”Tidak serta-merta dicabut orangnya. Dipersilakan pada MWA menindaklanjuti masalah itu karena yang mengangkat dan memberhentikan pimpinan universitas itu MWA. Semua ada aturannya,” kata Nuh.

”Siapa pun yang menyimpang harus diproses hukum. Tapi, harus dibuktikan,” kata dia. (LUK)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com