Kompas.com - 09/06/2013, 11:38 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

BANDUNG, KOMPAS.com - Wafatnya Ketua MPR Taufiq Kiemas menyisakan kedukaan mendalam bagi politisi Partai Demokrat yang juga mantan Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf Macan Effendi.

Dede mengaku masih mengingat apa yang dikatakan almarhum saat bertemu dengannya di kediamannya, Kebagusan Jakarta, menjelang pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Barat pada akhir 2012 lalu. Pada saat itu, Dede belum memiliki pasangan calon untuk wakil gubernur.

Mengetahui itu, Taufiq secara tegas dan lugas meminta Dede agar berpasangan dengan Rieke Dyah Pitaloka. Menurutnya, untuk PDIP, memenangkan Pilgub Jawa Barat sangat penting karena akan menentukan kemenangan secara nasional.

"Beliau bilang, PDIP tidak mau tiga kali kalah dalam Pilgub Jabar. Oleh karena itu, Pak Taufiq meminta saya sebagai Cagub yang diusung Demokrat, mau berpasangan dengan Rieke dari PDIP sebagai Cawagub. Jika koalisi itu terjadi, Pak Taufiq optimistis Pilgub Jabar bisa dimenangkan," ujar Dede dalam keterangan tertulisnya, Minggu (9/6/2013).

Meski tidak terwujud, lanjut Dede, almarhum Taufiq Kiemas pada saat itu sangat serius untuk membangun koalisi bersama Demokrat-PDIP di Pilgub Jabar. Bahkan, Taufiq sempat mengatakan akan berupaya menemui Presiden SBY selaku Ketua Dewan Pembina Demokrat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.