Kompas.com - 31/05/2013, 20:30 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

VIENNA, KOMPAS.com — Organisasi Pengekspor Minyak (OPEC) menyepakati untuk tetap mempertahankan produksi sebesar 30 juta barrel per hari. Hal itu diungkapkan Menteri Energi Venezuela Rafael Ramirez seusai pertemuan yang digelar pada Jumat (31/5/2013).

“Seluruh anggota menyetujui produksi minyaknya sehingga total mencapai 30 juta barrel per hari, dan kami selalu memantau kondisi pasar,” ujarnya. Dia menambahkan bahwa 12 negara anggota OPEC saat ini juga cemas terhadap kondisi perekonomian Eropa yang berpengaruh terhadap permintaan minyak.

Kebijakan mempertahankan produksi di level tersebut juga sejalan dengan harapan pasar. “Kami selalu memantau pasar karena kondisi ekonomi di Eropa yang sedang sulit. Pada pertemuan yang akan diselenggarakan pada Desember, kami akan memiliki banyak elemen untuk menentukan produksi," lanjut Ramirez.

Dia juga menambahkan bahwa anggota OPEC berupaya untuk mempertahankan harga dengan cara mempertahankan produksi. Namun demikian, kontributor utama produksi minyak ini adalah Arab Saudi.

Outlook ekonomi global menunjukkan bahwa permintaan minyak akan terhambat oleh kondisi perekonomian China yang dirundung inflasi, krisis di uni Eropa yang tak kunjung usai, serta ketidakpastian kebijakan ekonomi di Amerika Serikat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.