Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bibit Ucapkan Selamat kepada Ganjar

Kompas.com - 26/05/2013, 15:17 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com — Calon gubernur Jawa Tengah 2013-2018 Bibit Waluyo mengucapkan selamat kepada lawannya dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2013, Ganjar Pranowo, atas kemenangan sementara perhitungan sementara (quick count).

Dalam quick count yang diikuti Bibit melalui televisi, terlihat selisih jumlah suara yang cukup signifikan dan berpihak pada kandidat Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko itu.

"Selamat atas kemenangan Ganjar sementara ini, semoga apa yang diinginkan melalui perubahan itu tercapai," kata Bibit kepada Tribun Jateng, Minggu (26/5/2013) siang.

Seandainya hasil itu sama seperti nanti hasil pada perhitungan manual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng, pihaknya berpesan agar berhati-hati dalam memimpin Jawa Tengah ke depannya karena wilayah ini berbeda dengan lainnya.

"Beda karakter dan lain sebagainya. Tidak mudah pimpin jutaan masyarakat Jateng. Mereka itu unik dan sukar ditebak," jelasnya.

Dia menyatakan, sangat legowo atas apa hasil dari quick count sementara ini karena itu merupakan pilihan rakyat dan tidak dapat dipaksakan oleh siapa pun.

"Jika itu hasilnya, artinya kerja keras saya untuk Jateng memperoleh nilai segitu, saya berterimakasih," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Pasangan calon Gubernur Jawa Tengah nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Heru Sujatmoko unggul sementara melalui penghitungan cepat yang dilaksanakan  Lingkaran Survei Indonesia (LSI) maupun Indo Barometer.

Menurut hasil penghitungan cepat LSI hingga pukul 14.30 WIB, Minggu (26/5/2013), Ganjar-Heru memperoleh 48,46 persen suara. Urutan kedua diisi pasangan nomor urut dua; Bibit Waluyo-Sudijono Sastroatmodjo dengan perolehan sementara 30,84 persen. Sementara itu, pasangan nomor satu Hadi Prabowo-Don Murdono berada di urutan tiga dengan suara sementara 20,70%.

Perhitungan LSI itu dilakukan saat suara yang masuk mencapai 85 persen.

Sementara menurut hitung cepat Indo Barometer, pasangan Ganjar-Heru memperoleh 46,65 persen suara, pasangan Bibit-Sudijono mendapatkan 31,77 persen suara, dan pasangan Hadi Prabowo-Don Murdono meraih 21,58 persen suara. Perhitungan dilakukan saat suara yang masuk mencapai 78 persen.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com