Kompas.com - 12/05/2013, 10:52 WIB
EditorAgus Mulyadi

PALANGKARAYA, KOMPAS.com - Berkas administrasi 484 bakal calon legislatif (bacaleg) DPRD Provinsi Kalimantan Tengah belum lengkap. Itu diketahui darihasil verifikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

"Berkas yang belum dilengkapi antara lain surat keterangan sehat rohani dan jasmani, surat keterangan bebas narkoba, pengesahan ijazah ataupun penandatanganan surat keterangan terdaftar sebagai pemilih, kata Ketua KPU Kalteng, Daan Rismon, di Palangkaraya, Minggu (12/5/2013).

"Ditemukan pula bacaleg mendaftar di dua daerah pemilihan, ataupun telah berpindah parpol, namun belum menyampaikan surat pengunduran diri dari Parpol sebelumnya," ucap Daan.

Selain itu, lanjut Daan, tim verifikasi juga menemukan nama bacaleg dari kepala daerah yang masih aktif yakni Bupati Bartim Zain Alkim dan Wakil Bupati Sukamara Karyadi.

Ia mengatakan, kepala daerah itu pun telah diperintahkan KPU Kalteng agar mengajukan surat pengunduran diri, atau membuat format BB-4 dilengkapi dengan SK pemberhentian oleh pejabat yang berwenang.

"Seluruh berkas yang belum lengkap harus segera diperbaiki dan disampaikan kepada KPU paling lambat 22 Mei 2013. Setelah itu tim verifikasi akan kembali bekerja," beber dia.

Ketua KPU Kalteng mengemukakan, hingga saat ini pihaknya belum menemukan adanya bacaleg yang pernah atau sedang terlibat dengan tindak pelanggaran hukum.
 
Walau begitu ia mengharapkan seluruh bacaleg berterus terang dalam melengkapi berkas administrasi sebagai calon wakil rakyat. Berterus terang atau pun berlaku jujur merupakan kunci memajukan Provinsi "Bumi Tambun Bungai".

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Apabila tidak jujur dan saat hasil verifikasi disampaikan kepada masyarakat KPU menerima laporan adanya keterlibatan bacaleg dalam tindak pidana, maka KPU akan mencoret bacaleg tersebut dari daftar calon sementara," kata Daan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.