Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Kagumi Sifat Kepemimpinan Haryanto Badjoeri

Kompas.com - 30/04/2013, 10:32 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menjadi inspektur upacara dalam apel besar memperingati Hari Ulang Tahun ke-63 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Hari Ulang Tahun ke-51 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di lapangan Monumen Nasional (Monas).

Setelah memimpin upacara, Basuki memotong tumpeng dan memberikan potongan pertama kepada mantan Kepala Satpol PP DKI Haryanto Badjoeri. Pria yang akrab disapa Ahok itu pun mengatakan kalau Haryanto harus dapat menjadi contoh bagi pemimpin lainnya.

"Bapak ini harus dijadikan contoh. Pak Haryanto adalah bapak yang sangat loyal kepada korpsnya," kata Basuki dalam apel besar Satpol PP dan Linmas di Monas, Jakarta, Selasa (30/4/2013).

Berulang kali Basuki mengatakan kepada Kepala Satpol PP DKI Kukuh Hadi Santoso agar Kukuh harus dapat meniru sifat yang dimiliki Haryanto yang sangat dicintai anak buahnya. Basuki memuji sifat penyayang tetapi tegas yang tertanam dalam diri Haryanto. Sifat itu pulalah yang harus tertanam pada diri Kukuh sebagai Kepala Satpol PP DKI yang belum genap sebulan menjabat itu.

Semasa menjabat sebagai Kepala Satpol PP DKI, Haryanto kerap memperhatikan keadaan anak buahnya. Menurut Basuki, apabila ada personel Satpol PP yang tak mampu menyekolahkan anak-anak mereka, Haryantolah yang membantu mereka hingga anak-anaknya dapat mengenyam pendidikan.

"Pak Haryanto adalah contoh pemimpin yang menenangi hati anak buahnya. Yang paling penting, anak buah itu diperhatikan sampai keluarganya juga diperhatikan. Jangan sampai anak buah dan keluarganya susah. Anaknya susah, terus kita enggak mau tahu. Jangan sampai pemimpinnya seperti itu," ujar mantan Bupati Belitung Timur itu.

Tema peringatan HUT Satpol PP dan Linmas tahun ini adalah "Satpol PP dan Satlinmas Konsisten dalam Menjaga Citra dan Wibawa Pemerintah Daerah melalui Tugas Pokok dan Fungsi". Tampak di lokasi upacara Kepala Satpol PP Kukuh Hadi Santoso, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Arie Budhiman, serta tamu undangan dari unsur kepolisian serta TNI.

Setelah apel besar selesai, Basuki berkeliling melihat galeri foto Satpol PP DKI dan didampingi oleh Kukuh Hadi Santoso.

Berita terkait, baca :

GEBRAKAN JOKOWI-BASUKI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com