Kompas.com - 28/04/2013, 11:35 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

JAKARTA, KOMPAS.com — Jumlah calon legislatif perempuan yang terdaftar dalam daftar calon sementara (DCS) pemilu 2014 mencapai 2.434 orang. Jumlah itu setara 37,01 persen dari total DCS yang mencapai 6.576 orang.

Mereka mewakili 12 parpol peserta pemilu, yakni PKS, Demokrat, Golkar, PDIP, PAN, PKB, PBB, PKPI, Gerindra, Hanura, PPP, Nasdem. Demikian disampaikan koordinator Formappi, Sebastian Salang, Minggu (28/4/2013) di Jakarta.

Menurut Sebastian, data tersebut menunjukkan semua partai telah memenuhi ketentuan kuota perempuan 30 persen. Namun, dari daftar tersebut, terjadi duplikasi caleg perempuan di beberapa dapil. "Bahkan ada caleg yang muncul di tiga partai," katanya.

Sebastian menjelaskan, Partai Nasdem tercatat memiliki caleg perempuan paling banyak yakni 223 orang atau 39,2 persen dari total caleg yang diajukan sebanyak 560 orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.