Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditanya Konvensi Capres Demokrat-PPP, Ini Komentar JK

Kompas.com - 24/04/2013, 15:37 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Demokrat dan Partai Persatuan Pembangunan akan menggelar konvensi untuk mencari calon presiden dan wakil presiden yang akan diusung di Pemilu 2014. Selain tokoh internal, kedua parpol tersebut memberi ruang kepada tokoh eksternal.

Banyak tokoh eksternal yang dinilai layak maju sebagai capres atau cawapres, salah satunya Jusuf Kalla alias JK. Apakah JK akan ikut dalam konvensi tersebut?

Saat ditanya, JK mengaku telah ditawari oleh PPP untuk maju dalam konvensi. "PPP mengundang. Tapi kita lihat nanti undangnya," kata JK, di Jakarta, Rabu (24/4/2013).

Bagaimana dengan konvensi Demokrat? JK tak menjawab tegas akan maju atau tidak. Sambil tertawa, mantan Wakil Presiden di periode pertama pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono itu menjawab, "Saya belum tahu syarat-syaratnya. Kita lihat perkembangan nanti."

Apakah sudah ada pembicaraan dengan SBY terkait konvensi Demokrat? "Belum ada," jawab mantan Ketua Umum DPP Partai Golkar itu.

Seperti diberitakan, untuk saat ini, peluang JK untuk maju sebagai capres dari Partai Golkar sudah tertutup. Pasalnya, Golkar sudah menetapkan Ketua Umum DPP Golkar Aburizal Bakrie alias Ical sebagai capres. Hanya saja, Golkar belum menetapkan cawapres.

Partai Demokrat akan memulai proses persiapan konvensi pertengahan tahun ini. Demokrat akan terlebih dulu menyeleksi calon dengan persyaratan yang ditentukan oleh Komite Seleksi. Hal sama akan dilakukan PPP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com