Kompas.com - 03/04/2013, 14:50 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

KOLAKA, KOMPAS.com — Sebanyak 12 dari 35 anggota DPRD Kolaka harus mengundurkan diri dari jabatannya jika ingin kembali maju dalam pencalonan anggota legislatif dalam Pemilu 2014 mendatang.

Penegasan ini disampaikan oleh salah satu anggota KPU Kolaka, M Natsir Adam, Rabu (3/4/2013). Dia mengatakan, ke-12 wakil rakyat itu berasal dari partai yang tidak lolos sebagai peserta pemilu. Partai tersebut antara lain Partai Buruh, PPRN, PNBK, PBR, PDK, PDP, dan PPDI.

Dalam pengunduran diri para legislator ini, mereka harus menyertakan surat dengan materai sebagai tanda kejelasan sah secara hukum. 

Natsir Adam menguraikan, mereka yang harus mundur dari keanggotaan DPRD adalah Akring Johar, Ketut Darmawan, dan Ridwan Basnapal (PPRN); Jhoni Syamsuddin, Ahmad Fahrudi, dan Ketut Maria Asmara (PNBK); Anang Yuni Afrida (Partai Buruh); Muchlis (PBR); Syaridfuddin (PDK); Hardianto (PPDI); serta Muslihudin dan Zaenal Amrin (PDP).

Lebih jauh ditegaskan, kali ini KPU tidak bersentuhan langsung dengan para calon anggota legislatif. "Kami koordinasi langsung dengan ketua partai dan nanti ketua partai yang menunjuk dua orang anggota partainya untuk standby di KPU. Itu pola yang akan kami lakukan sesuai dengan aturan yang ada. Dan, memang inti sebenarnya adalah kemunduran mereka yang disertai materai secukupnya di atas kertas," kata Natsir.

Namun, pihak KPU sendiri belum bisa memastikan siapa yang nantinya mundur dari jabatan anggota DPRD Kolaka. "Sebab, hingga saat ini partai-partai yang ada belum memasukkan data siapa-siapa saja caleg, mereka yang berasal dari kader partai yang tidak lolos di Pemilu 2014 nantinya," tutup Natsir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.