Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hatta Tidak Melarang Impor Daging Sapi

Kompas.com - 13/02/2013, 14:18 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa menyatakan, pihaknya tidak akan melarang impor daging sapi. Hal ini untuk menekan harga daging sapi yang semakin melonjak.

Namun, Hatta mengingatkan, sebelum pemerintah memutuskan untuk melakukan impor daging sapi, pihak kementerian terkait harus memastikan stok di pusat dan daerah.

"Kalau daging sapi kurang, cek dulu stoknya. Kalau dari data Badan Pusat Statistik (BPS) dan kementerian terkait bilang cukup, ya tidak perlu impor. Namun, kalau stok kurang, ya, harus impor," kata Hatta selepas Rapat Koordinasi tentang Peningkatan Investasi dan Ekspor di kantor Kementerian Perekonomian Jakarta, Rabu (13/2/2013).

Dalam inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Klender dan Cipinang, tadi pagi, Hatta melihat perkembangan harga daging sapi dan beras. Dari hasil sidak tersebut, pihaknya mendapat data-data terkait.

Kalau terjadi kenaikan harga, Hatta menyatakan bahwa Kementerian Perdagangan harus segera bertindak untuk segera memeriksa kondisi pasar. Bisa jadi hal tersebut karena permintaan daging sapi melonjak, tetapi stok terbatas.

"Atau bisa jadi masalah distribusi daging. Ini yang kami cek, baik di Kementerian Pertanian maupun Kementerian Perdagangan. Datanya harus dikroscek dengan lainnya," katanya.

Dengan hasil data tersebut, pemerintah akan tahu stok daging sapi nasional dan permintaan masyarakat terhadap daging sapi tersebut. Jika stok kurang, pemerintah tidak segan untuk melakukan impor. Namun, sampai saat ini belum ada rencana impor daging sapi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com