Kedubes AS Nobatkan Netty Heryawan sebagai "Local Hero" - Kompas.com

Kedubes AS Nobatkan Netty Heryawan sebagai "Local Hero"

Kompas.com - 29/01/2013, 21:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS) di Jakarta menobatkan Netty Heryawan sebagai Local Hero yang memerangi praktik perdangan manusia (human trafficking). Ketua Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Jawa Barat ini menyisihkan empat nominator lainnya.

"Ini adalah pendorong yang menyemangati saya, untuk terus berjuang memerangi human trafficking," ujar Netty Heryawan, Selasa (29/1/2013) di Bandung.

Netty juga berharap agar berbagai pihak bahu-membahu turut aktif, dalam memerangi perdagangan manusia.

Menurut Netty, praktik human trafficking adalah potret perbudakan modern. Itu merupakan kejahatan kemanusiaan yang harus diberantas mulai dari hulu sampai hilir. Bukan kerja ringan, tapi tak ada yang tak mungkin jika bersungguh-sungguh melakukannya.

Penetapan Local Hero itu berdasarkan voting yang digelar Kedubes AS pada 25 Januari 2013 hingga Senin 27 Januari 2013. Netty Heryawan mendapatkan 1.942 suara. Empat nominator lainnya yakni Rahayu Saraswati Djojohadikusumo 1.390 suara, Sofiar Fauzi 1.136, Memey 492, dan Hetty Antje Geru 484 suara.

 

"Dialah pemenang kompetisi Local Heroes pilihan fans FB Kedubes AS Jakarta," tulis Kedubes AS di halaman Facebook-nya.

Menurut Kedubes AS, Netty Heryawan adalah istri Gubernur Jawa Barat yang sangat peduli dengan isu perdagangan manusia. Netty membentuk program Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) di tingkat provinsi sampai tingkat kabupaten, yang menjadi acuan untuk negara.

Melalui program-program P2TP2A seluruh Jawa Barat, ratusan korban perdagangan manusia sudah dibantu dan sebagai hasil dari program pencegahan banyak warga Indonesia dilindungi.

Satu yang berkesan bagi Kedubes AS adalah Netty tak canggung menjemput langsung para korban perdagangan manusia. "Dia juga ikut menjemput korban perdagangan manusia dari Batam," tulis Kedubes AS.

Netty memang pernah menjemput langsung 14 anak-anak di bawah umur asal Jawa Barat, yang menjadi korban perdagangan manusia di Batam

Sebagai ketua P2TP2A, Netty sangat concern pada kondisi perempuan dan anak di Jawa Barat. Salah satu misi utama Netty adalah memberantas human trafficking . Misi utama ini dia tetapkan karena angka human trafficking di provinsi ini masih tinggi.

Pada Januari-Oktober 2012 saja, tercatat 47 kasus dengan korban mencapai 56 orang.


EditorAgus Mulyadi

Close Ads X