Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rio Serahkan Jabatan ke Surya

Kompas.com - 27/01/2013, 01:58 WIB

Jakarta, Kompas - Patrice Rio Capella resmi menyerahkan jabatan Ketua Umum Partai Nasdem kepada pendiri dan deklarator partai, Surya Paloh. Surya mendapat suara bulat peserta Kongres I Partai Nasdem di Jakarta Convention Center, Jakarta, Sabtu (26/1).

Seusai ditetapkan, Surya mengatakan akan menggunakan jabatan itu untuk membesarkan partai yang memasang target menang Pemilu 2014. Perjuangan akan memakai tiga strategi, infrastruktur, ketokohan, dan opini.

Soal pengunduran diri sejumlah kader Partai Nasdem sebelum dan selama kongres, Surya melihatnya sebagai dinamika politik. Namun, ia membantah soal ratusan ribu kader mengundurkan diri. Rio yang kini tidak punya jabatan di Partai Nasdem melihat mundurnya Hary diiukuti beberapa kader sebagai konsekuensi. ”Kalau bosnya berhenti, anak buahnya ikut,” ujarnya.

Seperti diketahui, setelah Ketua Dewan Pakar Hary Tanoesoedibjo, Sekretaris Jenderal Ahmad Rofiq, Ketua Internal DPP Endang Tirtana, Wakil Sekjen Saiful Haq, Ketua DPW Jawa Barat Rustam Effendi, serta Ketua dan Sekretaris DPW DKI Armyn Gultom dan Diflaizal Zen Koto mengundurkan diri. Kemarin, Ketua DPW Maluku M Isa Raharusun juga mundur karena merasa restorasi kendur dan ada tekanan terkait dukungan kepada Surya untuk jadi ketua umum.

Seusai penutupan kongres, Wakil Ketua Umum Partai Nasdem Sugeng Suparwoto mengatakan, pengukuhan Surya sebagai ketua umum sesuai mekanisme.

Dalam kongres, diputuskan pula masalah rekrutmen calon anggota legislatif (caleg). Menurut Ketua Badan Pemenangan Pemilu Ferry Mursyidan Baldan, rekrutmen akan mengutamakan kemampuan dan integritas calon. Kemampuan caleg terkait tiga bidang tugas, yaitu legislasi, penganggaran, dan pengawasan. Calon juga tidak berkasus hukum atau berpotensi untuk itu.

Oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), rekrutmen caleg semua partai politik diberi waktu hingga Maret 2013. Adapun 9 April 2013, daftar caleg sementara harus diserahkan ke KPU. Namun, dengan waktu sempit, Ferry meyakinkan pembagian kewenangan dalam rekrutmen caleg ditempatkan secara proporsional.

Siap kompetisi

Dalam pidato penutupan kongres, Surya mengajak kadernya memaknai kembali peran partai politik. Dia mengajak kekuatan politik lain bergandengan tangan menghadapi Pemilu 2014. Kompetisi bukan untuk saling menghina atau menjatuhkan, tetapi saling membesarkan hati.

”Partai Nasdem siap berkompetisi dalam harmoni. Nasdem mengajak para sahabat dan kekuatan politik, dalam menghadapi Pemilu 2014, berkompetisi dalam harmoni. Ini yang dibutuhkan negeri ini ketika semangat gotong royong dan kebersamaan memudar,” tuturnya.

Dalam penutupan kongres semalam, hadir antara lain Ketua Umum Partai Hanura Wiranto, Sekjen Partai Golkar Idrus Marham, dan Rachmawati Soekarnoputri. (INA/K03)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com