Kompas.com - 17/01/2013, 14:37 WIB
|
EditorA. Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden ketiga RI, BJ Habibie, menyarankan banjir di Jakarta tidak hanya diatasi di hilir, tetapi juga di hulu tempat air berasal. Menurut Habibie, masalah banjir di Ibu Kota tak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi semua warga yang hidup di sana.

"Ini yang harus dipetakan, bukan hanya mengurusi hilirnya, tapi urusi juga di hulunya," kata Habibie saat ditemui pada acara Wirausaha Muda Mandiri di Jakarta Convention Center, Kamis (17/1/2013).

Menurut Habibie, permasalahan hulu banjir bukan hanya urusan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Hal tersebut juga berkaitan dengan Provinsi Jawa Barat, tempat Bogor menjadi hulu dari sumber air yang melimpah ke sungai-sungai di Jakarta.

Banjir dan macet seolah sudah menjadi permasalahan rutin yang melanda warga Ibu Kota. Namun, warga Ibu Kota tidak bisa menyelesaikan sendiri permasalahan tersebut sehingga penyelesaiannya harus segera dicari.

"Pemerintah daerah harus segera berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menyelesaikan masalah tersebut," katanya.

Hari ini, banjir dan macet terjadi di sejumlah titik dan ruas jalan di Jakarta. Masih banyak genangan air yang menghambat aktivitas publik. Bahkan, sarana transportasi publik seperti angkot dan bus transjakarta tidak beroperasi karena banjir tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.