Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Habibie: Urus Hulunya untuk Atasi Banjir Jakarta

Kompas.com - 17/01/2013, 14:37 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden ketiga RI, BJ Habibie, menyarankan banjir di Jakarta tidak hanya diatasi di hilir, tetapi juga di hulu tempat air berasal. Menurut Habibie, masalah banjir di Ibu Kota tak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi semua warga yang hidup di sana.

"Ini yang harus dipetakan, bukan hanya mengurusi hilirnya, tapi urusi juga di hulunya," kata Habibie saat ditemui pada acara Wirausaha Muda Mandiri di Jakarta Convention Center, Kamis (17/1/2013).

Menurut Habibie, permasalahan hulu banjir bukan hanya urusan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Hal tersebut juga berkaitan dengan Provinsi Jawa Barat, tempat Bogor menjadi hulu dari sumber air yang melimpah ke sungai-sungai di Jakarta.

Banjir dan macet seolah sudah menjadi permasalahan rutin yang melanda warga Ibu Kota. Namun, warga Ibu Kota tidak bisa menyelesaikan sendiri permasalahan tersebut sehingga penyelesaiannya harus segera dicari.

"Pemerintah daerah harus segera berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menyelesaikan masalah tersebut," katanya.

Hari ini, banjir dan macet terjadi di sejumlah titik dan ruas jalan di Jakarta. Masih banyak genangan air yang menghambat aktivitas publik. Bahkan, sarana transportasi publik seperti angkot dan bus transjakarta tidak beroperasi karena banjir tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com