Kompas.com - 14/01/2013, 10:04 WIB
|
EditorKistyarini

SURABAYA, KOMPAS.com — Nama raja dangdut Rhoma Irama ternyata lebih populer di kalangan masyarakat Jawa Timur dibanding nama calon presiden dari Partai Golkar, Aburizal Bakrie (Ical). Namun, Rhoma hanya sebatas populer. Untuk urusan akseptabilitas dan elektabilitas calon presiden (capres), nama Rhoma masih belum unggul.

Hasil survei lembaga Presisi Poll tentang referensi politik masyarakat Jawa Timur (Jatim) menjelang pemilihan presiden 2014 menyebutkan, popularitas Rhoma mencapai 95,7 persen, mengungguli Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie atau Ical (79,8 persen), dan Pembina DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto (75,1 persen).

"Rhoma bagi masyarakat Jatim lebih dikenal sebagai raja dangdut daripada sebagai calon presiden," kata Heliosa Soerwianto, Direktur Eksekutif Presisi Poll, Senin (14/1/2013).

Dalam hal akseptabilitas, Rhoma justru berada di posisi kedua tertinggi (60,3 persen). Dia diungguli nama Menteri BUMN Dahlan Iskan (73,1 persen) di posisi pertama, sementara posisi ketiga ada nama Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD (44 persen).

Bahkan dalam hal elektabilitas, Rhoma hanya mampu menempati urutan ke-6 dengan 7,8 persen. Peringkat pertama ditempati Mahfud MD (15,5 persen), diikuti Prabowo Subianto (13 persen), Dahlan Iskan (11,8 persen), Aburizal Bakrie (10,8 persen), dan Megawati Soekarnoputri (8,3 persen).

Survei, kata Heliosa, melibatkan 440 sampel responden berusia 17 tahun, yang tersebar secara acak di 38 kabupaten/kota di Jatim. "Hasil survei ini merepresentasikan pendapat masyarakat pemilih di Jatim pada Pemilu 2014 mendatang," tambahnya.

Rhoma Irama menyatakan serius akan maju dalam Pemilu 2014 mendatang. Dukungan sudah mengalir dari para ulama yang tergabung dalam Wasilah Silaturahim Asatidz Tokoh dan Ulama (Wasiat Ulama) yang sudah mendaulat Rhoma sebagai capres 2014.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.